Mengenal Aremania dan Arema Lewat Sudut Pandang Yuli Sumpil

Malang Liputan Khusus
AREMANIA SEBAGAI PEMERSATU KOTA MALANG

Di mata warga Malang Raya, Aremania memanglah menjadi sebuah pemersatu. Aremania tak hanya dipandang sebagai kelompok suporter Singo Edan. Tetapi, juga sebagai sebuah simbol kebanggaan warga Malang.

Hal yang sama juga menjadi sebuah arti penting kehadiran Aremania di mata Yuli Sumpil. Ia pun mengatakan bahwa Aremania, Arema dan Malang merupakan sebuah kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

“Dengan kita gak disuruh, gak diatur di luar ataupun dalam stadion. Aremania itu memang gak diatur dan gak ada aturan tertulis. Tapi, teman-teman bisa merasa memiliki dan mampu menjaga nama baik Aremania dan Arema dengan secara alamiah”

“Dengan kita dipupuk secara alam, mungkin ini lah penyebabnya. Dulu, yang kita rasakan itu sering ada tawuran di Malang. Disitulah saya merasa kalau Aremania itu merupakan pemersatu kota Malang. Di mata kita, Arema itu bukan hanya tim. Tapi, juga kebanggaan dan harga diri yang harus kita jaga.”

Yuli Sumpil - Arema - Aremania - cover
football5star.com/ErvanSatrio

Dari paparan tersebut Yuli pun menyimpulkan bahwa Aremania berdiri di atas empat pilar utama. Keempatnya adalah harga diri dan kebanggan yang didasari oleh keikhlasan, ketulusan, serta kebersamaan.

“Harga diri dan kebanggan yang didasari dengan keikhlasan, ketulusan, dan kebersamaan. Karena, di Aremania ini, gak ada yang posisinya di atas, ataupun di bawah. Aremania itu, satu rasa, satu kebersamaan.”

Comments
Loading...