Mengenal Klub Anyar Yanto Basna, PT Prachuap FC

Football5star.com, Indonesia – Bek timnas Indonesia Yanto Basna resmi memperkuat klub Liga Thailand PT Prachuap FC untuk musim depan. Tak disebutkan durasi kontrak yang didapatkan Yanto Basna.

Tapi, dilaporkan kalau Basna diikat dengan kontrak selama semusim bersama tim divisi teratas Thailand tersebut.

“Prachuap FC berhasil menandatangi kontrak bek Timnas Indonesia untuk mengisi kuota ASEAN. Pada musim lalu, dia bermain untuk Sukhothai FC, sama seperti Ian Ramsey,” tulis Facebook resmi Prachuap FC.

Facebook Prachuap FC

Ini jadi musim ketiga Yanto Basna merumput di Liga Thailand. Pada 2918, ia tercatat membela Khon Kaen FC, dan pada 2019 memperkuat Sukhotai FC.

Awal Berdiri

Klub anyar Yanto Basta ini sendiri baru berdiri 11 tahun lalu. Di awal berdirinya Prachuap FC bermain di level Regional League Divisi Dua Central & Estren. Di tahun awal berdirinya, klub ini sempat mengalami krisis finansial.

Dikutip Football5star.com dari halaman resmi klub, Senin (6/1/2020) baru pada musim 2011, klub ini mulai beranjak menunjukkan grafik peningkatan baik secara permainan ataupun finansial. Di akhir musim 2011, klub ini kemudian diambil alih oleh pengusaha Songkiat Lim-aroonrak.

Fox Sports Asia

Di bawah kepemimpinan Songkiat Lim-aroonrak, Prachuap mulai menatap untuk bisa bermain di divisi utama Liga Thailand. Dalam sisi finansial, Songkiat Lim-aroonrak mulai membuat klub ini dikelola secara profesional bisnis.

Songkiat Lim-aroonrak menjalankan perubahan brand image dan brand awareness klub dengan mengubah logo klub, merenovasi stadion hingga membuat klub ini diminati sponsor dan investor.

Pada 2016/17, klub ini kemudian resmi menggunakan nama PT Prachaup sebagai kompensasi dari perjanjian dengan sponsor utama merkea, PTG Energy. Sponsor utama dari perusahaan energi terbesar di Thailand ini membuat Prachuap menjadi klub baru yang siap bersaing di kasta tertinggi sepak bola Thailand.

Datangkan Legiun Asing

Setelah mampu promosi ke Thail League, Prachuap mulai rajin untuk merekrut legiun asing dari sejumlah negara. Pada 2017 lalu misalnya mereka berhasil mendatangkan Willen, striker asal Brasil yang sempat memperkuat Vasco da Gama.

Kehadiran Willen di lini depan Prachuap pada musim itu membuat mereka mampu promosi ke Thail League. Willen sendiri menjadi top skor klub dengan torehan 17 gol. Di dua tahun lalu, legiun Brasil lainnya Jonatan Ferreira Reis juga menjadi mesin gol untuk Prachuap.

soccerthailand.com

Mantan striker Boa Esporte itu, berhasil menjadi top skor klub dengan catatan 26 gol. Legiun asing dari Brasil memang jadi langganan untuk sejumlah klub Asia Tenggara seperti Prachuap.

Di tahun ini, kedatangan Yanto Basna menambah kuota para pemain asing di Prachuap. Saat ini tercatat ada 8 pemain non Thailand di skuat Prachuap. Selain Yanto Basna, bek veteran Singapura yang sempat memperkuat Persija dan Persib, Baihakki Khaizan juga menjadi pemain anyar Prachuap.

Sedangkan untuk pemain dari Brasil di musim ini, Prachuap memiliki dua penyerang, William Henrique mantan pemain Botafogo dan Bruno Mezenga yang sempat memperkuat Flamengo.

Tidak hanya dari Brasik, Prachuap juga memiliki pemain dari Korea Selatan Yoo Jun-soo. Bek dari Montenegro Adnan Orahovac. Serta dua pemain dari negara Asia Tenggara lainnya, Soukaphone Vongchiengkham dari Laos dan Iain Ramsay dari Filipina.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More