Mengenal Latihan FA yang Dijalani Garuda Select di Inggris

Football5star.com, Indonesia – Tim Garuda Select yang sedang di Inggris selama ini tidak semata-mata menjalani latihan biasa maupun uji tanding. Mereka juga menjalani program latihan level 1 FA.

Lalu, apa sebenarnya program latihan level 1 FA yang dimaksud? Salah satu materi yang diberikan selama menjalani latihan adalah melakukan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Dalam hal ini, para pemain diajarkan bagaimana melakukan penanganan tepat yang bersifat darurat seperti pingsan, tersedak, maupun cedera yang menyebabkan trauma.

danny holmes-garuda select
Mola TV

Program ini terbilang baru untuk para pemain. Hal tersebut juga diakui Arsa Ahmad yang mengaku punya pengetahuan yang lebih luas soal sepak bola setelah mengikuti latihan level 1 FA ini.

“Banyak sekali hal penting yang diajarkan. Salah satunya bagaimana menangani kondisi darurat saat salah satu pemain pingsan. Langkah-langkah yang dibutuhkan seperti membuka saluran pernapasan, mengarahkan kepala ke atas, hingga mengecek jantungnya. Semuanya terasa baru buat kami,” kata Arsa Ahmad seperti dikutip Football5star dari Mola TV, Sabtu (22/2/2020).

Progam tersebut juga membuat para pemain mendapat lisensi dari FA sebagai tanda bahwa mereka telah mengikuti latihan dari induk sepak bola Inggris. Bagi Direktur Teknik, Dennis Wise, ini merupakan pembekalan yang sangat bagus untuk para pemain.

“Walau usia mereka rata-rata 16 tahun, mereka sudah dibekali ilmu kepelatihan langsung dari Inggris. Itu sangat berguna untuk karier di masa depan,” imbuh Dennis Wise.