Mengenal Marco Guida, Pengadil Lapangan AC Milan vs Inter Milan

Football5star.com, Indonesia – Pada Senin (18/3/2019) dini hari WIB, Serie A akan menghadirkan laga panas AC Milan vs Inter Milan atau yang kerap kali disebut sebagai partai Derby della Madonnina. Kentalnya rivalitas diantara kedua tim membuat pertandingan berjalan dengan tensi yang cukup tinggi.

Untuk mengatasi tingginya tensi pertandingan di partai Derby della Madoninna, operator Serie A hanya akan menunjuk wasit-wasit terbaik Italia. Pada Senin (18/3) dinihari nanti, wasit Marco Guida mendapatkan kehormatan untuk memimpin jalannya pertandingan AC Milan vs Inter Milan.

Marco Guida merupakan salah satu wasit terbaik di Serie A musim ini. Pria kelahiran 1981 itu tercatat sudah memimpin 12 partai Serie A musim ini. Selain itu ia juga sempat memimpin dua pertandingan di kancah Liga Europa musim ini. Dari 12 partai Serie A yang ia pimpin, Marco Guida sudah mengeluarkan 54 kartu kuning dan satu kartu merah.

Marco Guida - AC Milan vs Inter Milan - Derby della Madonnina - Passione Inter
passioneinter.com
Marco Guida di Derby della Madonnina

Bagi Marco Guida, pengalaman memimpin partai Derby della Madoninna bukanlah sesuatu yang asing. Sebelumnya, ia sudah pernah memimpin tiga pertandingan AC Milan vs Inter Milan. Dari tiga partai tersebut, dua di antaranya terjadi di ajang Serie A dan satu di Coppa Italia.

Ia pertama kali memimpin partai Derby della Madonnina pada musim 2014-15. Kala itu, pertandingan AC Milan vs Inter Milan berakhir imbang dengan skor akhir 1-1. Partai tersebut berlangsung dengan sengit dan Marco Guida pun harus mengeluarkan dua kartu kuning untuk masing-masing tim.

Selanjutnya, ia memimpin partai derbi di babak perempat final Coppa Italia pada musim 2017-18. Kali ini, Rossonerri berhasil keluar sebagai pemenang setelah Patrick Cutrone mencetak gol di babak tambahan waktu. Marco Guida pun mengeluarkan tiga kartu kuning untuk masing-masing tim di pertandingan ini.

Lalu, ia juga memimpin partai Derby della Madonnina pada bulan Oktober 2018 lalu. Setelah AC Milan yang meraih kemenangan bersama Guida, kali ini giliran Nerazzurri yang berhasil membukukan tiga angka lewat gol Mauro Icardi di penghujung pertandingan. Di partai ini, pria 38 tahun itu mengeluarkan dua kartu kuning untuk Inter dan lima untuk AC Milan.

Marco Guida - AC Milan vs Inter Milan - Derby della Madonnina - Sky Sports
skysports.co.uk
Rekor AC Milan dan Inter Milan Diwasiti Marco Guida

Sebagai salah satu wasit terbaik di Italia, Marco Guida sudah cukup sering memimpin jalannya laga AC Milan maupun Inter Milan. Marco Guida tercatat sudah 24 kali memimpin partai yang melibatkan AC Milan. Dari 24 partai tersebut, Rossonerri mampu meraih 10 kemenangan, delapan imbang, dan lima kekalahan.

Partai AC Milan terakhir yang dipimpin oleh wasit ini terjadi di ajang Serie A pada 26 Desember lalu. Ketika itu, Rossonerri harus puas bermain imbang melawan tim papan bawah, Frosinone.

Dari kubu Inter, Marco Guida tercatat sudah memimpin 19 pertandingan. Dari 19 partai tersebut, Inter berhasil meraih 11 kemenangan, empat imbang dan hanya dua kali kalah. Partai Nerazzurri terakhir yang dipimpim oleh Guida terjadi di ajang Serie A pada bulan Oktober lalu. Tepatnya pada partai Derby della Madonnina yang berhasil dimenangkan oleh pasukan Luciano Spalletti.

Comments
Loading...