Mengenal Sultan Adel yang akan Uji Lagi Timnas U-16 Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-16 Indonesia akan kembali menjalani uji tanding melawan timnas U-16 UEA, Sabtu (24/10/2020). Satu sosok yang dipastikan kembali jadi ujian berat tentu saja Sultan Adel Muhammad. Rabu lalu, dia mencetak hat-trick yang membuat tim asuhan Bima Sakti kalah 2-3.

Pada uji tanding pertama, timnas U-16 Indonesia seharusnya meraup kemenangan andai tak ada Sultan Adel di kubu lawan. Anak-anak asuh Bima Sakti sempat dua kali unggul lewat gol dari Raka Cahyana Rizky dan Muhammad Attalah Araihan. Namun, dua kali Adel membuat kedudukan jadi imbang. Dia pula yang akhirnya mencetak gol kemenangan tuan rumah.

Siapakah sosok Sultan Adel Muhammad ini? Berikut ini, Football5Star.com berhasil menghimpun beberapa fakta menarik mengenai pemain kelahiran 4 Mei 2004 tersebut.

Serial Killer Timnas U-16 UEA

uaefa.ae

Sultan Adel Muhammad adalah sosok striker yang sangat diandalkan pelatih Majed Salem di timnas U-16 UEA. Dia termasuk striker subur dan tergolong serial killer yang dapat diandalkan mencetak gol dalam beberapa laga secara beruntun.

Jika dirunut, timnas U-16 Indonesia adalah tim kelima secara beruntun yang dijebol Adel. Sebelumnya, dia secara berturut-turut menjebol gawang timnas U-16 Oman, Al-Nasr, Ajman, dan Sharjah. Keempat tim itu sama-sama sekali dijebol sang striker belia.

Sebelumnya, pada September tahun lalu, Adel berturut-turut mencetak gol saat tim asuhan Majed Salem menghadapi Uzbekistan, Irak, Kirgistan, dan Lebanon. Tiga laga terakhir adalah pada Kualifikasi Piala Asia U-16.

Total, Sejak September 2019, Sultan Adel mengoleksi 11 gol dari 11 pertandingan yang dijalani tim U-16 UEA, termasuk saat uji tanding dengan klub lokal. Dari 11 lawan itu, dia gagal mencetak gol pada laga pertama lawan Uzbekistan dan Oman.

Anak Eks Pemain Timnas UEA

albayan.ae

Kepiawaian Sultan Adel di lapangan hijau tak terlepas dari asal-usulnya. Dia adalah anak eks pemain timnas UEA, Adel Muhammad. Pengalaman termanis Adel Muhammad adalah pada Piala Teluk 1998. Saat laga pembuka, dia mencetak gol ke gawang tuan rumah, Bahrain.

Selain Sultan Adel, ada satu lagi anak Adel Muhammad yang juga menekuni sepak bola. Namanya Muhammad Adel yang sekarang membela tim U-18 Al Ittihad Kalba. Namun, menurut sang ayah, Sultan adalah yang paling mirip dengan dirinya semasa berjaya dulu.

“Sultan yang bermain untuk tim junior dan tim U-17 Al Ittihad Kalba paling mendekati permainan saya. Dia bagus bermain sebagai striker dan bek kiri. Posisinya itu juga mirip dengan saya dulu,” kata Adel Muhammad seperti dikutip Football5Star.com dari Al Roeya.

Baru Debut dengan Tim Senior Klubnya

Meskipun belum genap berumur 17 tahun, Sultan Adel sudah mendapatkan kepercayaan besar di klubnya, Al Ittihad Kalba. Pada 8 Oktober lalu, dia resmi menjalani debutnya di Arab Gulf Cup. Dia dipromosikan ke tim senior setelah gemilang bersama tim junior.

Momen bersejarah itu dilakoni Adel saat Al Ittihad Kalba menghadapi Al Jazira. The Tigers memenangi laga itu dengan skor 2-1 dan Adel turun selama 16 menit. Dia dimasukkan pada menit ke-74 oleh pelatih Jorge da Silva untuk menggantikan kapten Mansour Al Balushi.

Dipercaya Bela Timnas U-19 UEA

albayan.ae

Kiprah Sultan Adel Muhammad di timnas UEA juga mulus. November tahun lalu, dia bahkan direkrut ke timnas U-19 UEA oleh pelatih Ferdo Milin. Dia masuk skuat saat menjalani Kualifikasi Piala Asia U-19. Dalam tiga laga, dia diberi kesempatan bermain pada dua laga di antaranya.

Adel diturunkan Milin saat timnas U-19 UEA menang 4-0 atas Nepal. Sang striker dimasukkan pada menit ke-82 dengan menggantikan Eisa Khalfan. Hal serupa dialami kala melawan Kirgistan. Kali ini, Adel menggantikan Saif Obaid saat pertandingan tinggal bersisa 10 menit.

Pemanggilan Sultan Adel ke timnas U-19 UEA tak terlepas dari performa apiknya bersama timnas U-16 UEA. Pada September 2019, dia berperan besar membawa UEA meraup kemenangan atas Irak, Kirgistan, dan Lebanon pada Kualifikasi Piala Asia U-16. Dia selalu mencetak gol dalam tiga laga itu.

Sultan Adel MuhammadTimnas U-16 Indonesiatimnas U-16 UEA