Mengenal Turnamen Baru Championship Trophy AFF-EAFF

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi di Asia akan bertambah ramai dengan dihelatnya pertandingan yang mempertemukan juara Piala AFF dengan Piala EAFF. Lalu, apa sebenarnya ajang ini dan kapan ajang baru ini akan digelar?

Seperti yang dikutip Football5star.com dari Fox Sport Asia, laga ini akan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada Maret 2019 dengan nama Championship Trophy AFF-EAFF. Vietnam yang menjadi kampiun kejuaraan sepak bola antarnegara Asia Tenggara (AFF) akan menghadapi Korea Selatan yang merupakan juara ajang sepak bola antarnegara Asia Timur (EAFF).

@affsuzukicup

Seperti halnya Piala AFF dan EAFF, turnamen ini nantinya akan dilangsungkan dua tahun sekali. Adapun yang menjadi tuan rumah adalah juara Piala AFF. Artinya, untuk pertandingan perdana akan dilangsungkan di Stadion My Dinh, Vietnam.

Presiden EAFF, Chung Mong Gyu, mengaku ajang ini sejatinya sudah dirancang sejak dua tahun lalu. Ia pun mengaku senang akhirnya turnamen yang didambakan bisa tercapai pada tahun depan.

Son
antara.com

“Kami senang telah setuju untuk mengadakan pertandingan Championship Trophy AFF-EAFF setelah dua tahun federasi berjanji untuk bekerja sama dalam pengembangan sepak bola. ujar Mong Gyu seperti dilansir Fox Sport Asia, Sabtu (15/12/2018).

“Saya yakin persahabatan kedua federasi akan menjadi contoh kemitraan paling sukses di regional FIFA,” sambungnya. Sementara itu, Torphy Champions AFF-EAFF kedua akan diselenggarakan pada 2021 mendatang.

Sebagai informasi tambahan, AFF beranggotakan 11 negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, Singapura, Laos, Kamboja, Filipina, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Adapun yang menjadi juara tahun ini adalah Vietnam setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-2.

Sedangkan EAFF hanya beranggotakan empat negara, yaitu Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, dan Cina. Korea Selatan adalah juara bertahan turnamen ini.

Comments
Loading...