Mengenang Habibie Cup, Turnamen Penyemarak Sepak Bola Sulawesi Selatan

Football5Star.com, Indonesia – Presiden Republik Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie telah meninggal dunia pada Rabu, 11 September kemarin. Akan tetapi, jasanya bagi negara ini akan selalu dikenang. Tak terkecuali dari segi sepak bola melalui Habibie Cup.

Habibie Cup adalah kejuaraan antarklub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola yang diadakan oleh Pemerintah Kota Parepare. Umumnya, turnamen ini diselenggarakan oleh klub-klub yang berada di Sulawesi Selatan.

Turnamen ini pertama kali digelar pada tahun 1990. Tak lain dan tak bukan, diadakannya turnamen ini adalah untuk didedikasikan kepada BJ Habibie yang kala itu masih menjabat Menristek RI (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) dan Kepala BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Habibie Cup juga pertama kali dicetuskan oleh Mirdin Kasim yang saat itu menjabat Wali kota Parepare dan HM Alwi Hamu. Keduanya membutuhkan tokoh nasional asal Parepare yang pas untuk jadi ikon turnamen ini. Dan hasilnya, pilihan pun jatuh kepada sosok BJ Habibie yang juga merupakan putra kelahiran Parepare.

(Istimewa)

Turnamen Habibie Cup umumnya diikuti oleh klub-klub asli Sulawesi Selatan yakni diantaranya adalah Persipare Parepare, Perspin Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Barru, dan PSM Makassar. Tim-tim tersebut berada dalam cakupan wilayah Ajatappareng dan sekitarnya.

Format dari turnamen ini pun cukup unik. Pasalnya, tim-tim tersebut hanya akan bertanding dalam waktu yang singkat yakni selama 7 hari. Mereka pun hanya diperkenankan untuk memiliki waktu istirahat 2 hari.

Dalam catatan sejarahnya, Persipare Parepare mencatatkan tim yang paling banyak meraih gelar juara. Tim berjuluk Laskar Madani itu tercatat meraih 9 kali gelar juara Habibie Cup. Sementara itu, PSM Makassar dan PS Sandeq Polmas berada di urutan kedua dengan koleksi 4 gelar.

Comments
Loading...