Mengenang Kemenangan Terakhir Everton atas Liverpool

Football5Star.com, Indonesia – Akhir pekan ini, para pencinta sepak bola akan disuguhi laga menarik, yakni Derbi Merseyside antara Everton dan Liverpool. Edisi Derbi Merseyside kali ini menarik karena The Toffees berstatus pemimpin klasemen sementara, sedangkan The Reds adalah juara bertahan Premier League.

Berbekal hasil sempurna dalam empat pekan awal, Everton diyakini bakal merepotkan Liverpool. Tim asuhan Carlo Ancelotti pun dipercaya dapat menuntaskan puasa kemenangan atas The Reds yang telah berlangsung selama satu dekade.

Tepat sepuluh tahun yang lalu, Everton meraih kemenangan terakhir pada laga Derbi Merseyside. Laga yang berlangsung di Stadion Goodison Park itu berakhir 2-0 untuk sang tuan rumah. Dua gol The Toffees dijaringkan Tim Cahill dan Mikel Arteta.

Laga itu sebetulnya jadi pembuka era bagi Liverpool. Dua hari sebelumnya, John W. Henry dan Tom Werner sah mengambil alih kepemilikan The Reds dari Tom Hicks dan George Gillett. Namun, kehadiran mereka di Goodison Park justru berbuah kekalahan.

Mikel Arteta mencetak gol kedua Everton saat menang 2-0 atas Liverpool pada 17 Oktober 2010.
bleacherreport.com

Laga memasuki menit ke-35 ketika Seamus Coleman melewati Paul Konchesky. Dia lantas mengirimkan umpan cut back yang disambar Tim Cahill di tiang dekat. Kiper Pepe Reina tak mampu mencegah bola bergulir ke dalam gawangnya.

Keunggulan The Toffees bertambah hanya enam menit setelah wasit Howard Webb memulai babak kedua. Berawal dari tendangan sudut Leighton Baines, bola dibuang dengan sundulan oleh Sotirios Kyrgiakos. Sial, bola malah tiba di depan Mikel Arteta yang tanpa ampun melepaskan tendangan geledek. Bola meluncur deras ke dalam gawang Reina.

Kemenangan Langka Moyes di Everton

Sepanjang kariernya, itu adalah kemenangan ke-4 sekaligus yang terakhir David Moyes dalam Derbi Merseyside. Dalam 21 edisi lain, dia membawa Everton meraih 8 hasil imbang dan 13 kali kalah.

Selepas pertandingan, Moyes tak kuasa menutupi kegembiraannya. Dia mengaku lega karena dalam 7 pertemuan beruntun dengan Liverpool di Premier League, timnya tak pernah menang.

“Saya kira perhatian media seluruhnya tertuju kepada Liverpool. Hari ini, mungkin perhatian terarah kepada Everton. Saya pikir kami pantas mendapatkan itu setelah performa dan skiap yang ditunjukkan di lapangan,” urai Moyes kala itu seperti dikutip Football5Star.com dari BBC.

David Moyes jadi manajer terakhir yang membawa Everton memenangi Derbi Merseyside.
Getty Images

Lebih lanjut, manajer asal Skotlandia itu mengatakan, “Saya tak cukup sering mengalahkan Liverpool selama di sini. Saya kira hanya sekali atau dua kali sebelum pertandingan ini.”

Sementara itu, Roy Hodgson, manajer Liverpool, menilai timnya tidaklah inferior dalam laga di Goodison Park itu. “Jelang akhir babak pertama, kami mulai mengimbangi lawan. Lalu, dari awal babak kedua, saya pikir kami mendominasi permainan. Tim dalam kondisi bagus. Kualitas pergerakan dan umpan kami pun bagus,” ujar dia.

Hodgson lebih lanjut mengungkapkan, “Kami tak mencetak gol, sementara Everton melakukannya. Namun, saya tak dapat menerima jika kami dianggap inferior. Saya melihat performa tim dan babak kedua adalah permainan terbaik sepanjang saya menangani Liverpool.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More