Mengenang Nobby Stiles dan Gigi Palsunya di Final Piala Dunia 1966

Football5Star.com, Indonesia – Kabar duka datang dari Manchester United. Salah satu pemain legendaris klub itu, Nobby Stiles, meninggal dunia dalam usia 78 tahun pada Jumat (30/10/2020). Kabar duka itu diumumkan langsung oleh keluarga pemain timnas Inggris saat juara Piala Dunia 1966 tersebut.

“Keluarga Stiles dengan sedih hati mengumumkan bahwa Nobby Stiles telah meninggal dunia dengan damai pada hari ini (30/10/2020) dikelilingi keluarganya setelah lama sakit. Keluarga memohon privasi pada masa duka ini,” urai pernyataan keluarga seperti dikutip Football5Star.com dari Sky Sports.

Kabar duka tersebut membuat eks rekan main Stiles di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst, bersedih. Dia mengungkapkan duka mendalamnya lewat unggahan di akun Twitter-nya.

Nobby Stiles adalah bagian dari skuat timnas Inggris saat juara Piala Dunia 1966.
theguardian.com

“Sungguh sedih mendengar Nobby telah meninggal dunia. Kami bermain bersama untuk tim U-17, U-23, dan tentu saja timnas Inggris. Pada cap pertama saya, Nobby mencetak gol. Saya kira dia memakai nomor punggung 9. Dia seorang dengan karakter hebat dan jadi jiwa tim. Dia akan benar-benar dirindukan,” ujar Hurst.

Sementara itu, akun timnas Inggris menyebut momen final Piala Dunia 1966 dalam ucapan dukanya. Di sana disebutkan, “Fotonya merayakan gelar juara Piala Dunia di Wembley masih begitu lekat hingga lebih dari setelah abad dari hari itu dan diingat seperti penampilan rancaknya pada semifinal melawan Portugal.”

Stiles Malu Tanpa Gigi Palsu

Mengenang Nobby Stiles memang tak mungkin lepas dari momen final Piala Dunia 1966. Setidaknya ada dua hal yang membuat dia dikenang. Pertama, tentu saja assist-nya untuk gol kontroversial Geoff Hurst yang jadi perbincangan sepanjang zaman.

Adapun hal kedua adalah foto perayaan juara yang begitu ikonik karena dia tertawa lepas dengan memperlihatkan deretan gigi depannya yang ompong. Itu terjadi karena lupa memakai gigi palsu setelah pertandingan dan penyerahan trofi usai.

Soal gigi palsu itu, ada kisah menarik yang sempat diungkap dalam buku “100+ Fakta Unik Piala Dunia” terbitan Serambi pada 2010. Insiden foto Stiles dengan gigi ompongnya itu tak terlepas dari kesalahan striker Ian Callaghan. Sebelum final, Stiles rupanya sudah menitipkan gigi palsunya kepada sang striker.

Nobby Stiles tak memakai gigi palsu saat merayakan gelar juara Piala Dunia 1966.
mirror.co.uk

“Tiga perempat jam sebelum kick off, saya dan Nobby duduk berdampingan di tribun Stadion Wembley. Dia berkata, ’Cal, tolong simpan ini di sakumu. Jika kita menang, pastikan dirimu cepat-cepat turun dari tribun,'” kisah Callaghan.

Akan tetapi, rencana itu berantakan. Callaghan diliputi euforia kala Inggris tampil sebagai juara dengan mengalahkan Jerman Barat 4-1. Dia pun begitu saja lupa terhadap pesan Stiles soal gigi palsu yang ada di sakunya. Alhasil, Stiles pun harus menutup rapat-rapat mulutnya saat bersalaman dengan Ratu Elizabeth II.

“Ketika mereka menang, saya memang terlambat turun dari tribun. Jika ingin tahu sebab Nobby terabadikan di foto dengan Piala Dunia di atas kepala dan kaus kaki diturunkan, juga dengan mulut terbuka memamerkan ompongnya, itu karena gigi palsunya masih ada di saku saya,” ungkap Callaghan.

Setelah gigi palsu itu diberikan Callaghan pun, Nobby Stiles tak segera memakainya. Itu teraadikan dalam sebuah foto yang memperlihatkan dia berdansa dengan Trofi Jules Rimet di satu tangan dan tangan lainnya memegang gigi palsu. “Itu spontan saja. Saya tak menyadari hal yang dilakukan saat itu. Saya sendiri bukanlah penari yang baik,” ucap Stiles.

Kini, Nobby Stiles telah berpulang ke pangkuan Tuhan. Namun, kisahnya sebagai peraih gelar juara Piala Dunia pertama untuk Inggris dan Piala Champions pertama untuk Manchester United tak akan pernah terlupakan. Begitu pula dengan tarian dan gigi ompongnya di Wembley itu. Selamat jalan Nobby…

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More