Menilik Statistik Martin Atkinson di Laga Liverpool vs Tottenham

Football5star.com, Indonesia – Pertarungan sengit antara Liverpool vs Tottenham Hotspur dalam lanjutan Premier League akhir pekan ini punya arti berbeda untuk tuan rumah. Pasalnya, jalan mereka menuju tangga juara musim ini bergantung pada laga di Anfield Minggu (31/3/2019).

Saat ini Liverpool berada di puncak klasemen dan hanya unggul dua poin saja dari Manchester City. Tapi The Citizens masih punya tabungan satu pertandingan lebih banyak. Sementara Spurs tetap bertengger di peringkat ketiga dan hampir tidak mungkin mengejar dua klub di atasnya.

Jika kalah, The Reds bisa saja disalip Man City. Tapi jika menang mereka setidaknya bisa bernafas lega karena artinya tensi persaingan kedua klub masih terjaga. Peluang untuk meraih tiga angka pada laga ini juga didukung oleh faktor wasit.

Ya, pertandingan yang akan berlangsung di Anfield ini akan dipimpin oleh wasit berpengalaman, Martin Atkinson. Menariknya, The Reds adalah tim yang paling sering diwasiti oleh pria asal Yorkshire ini. Total, sudah 58 kali ia mewasiti anak asuh Juergen Klopp bertanding.

Statistik Martin Atkinson Memimpin Liverpool Bertanding

Getty Images

Dari 58 laga yang dipimpin Atkinson, Liverpool mengantongi 25 kemenangan, 18 kali imbang, dan 15 kali menelan kekalahan. Walau tidak terlalu mencolok, kekalahan terakhir Mohamed Salah dkk saat wasit 47 tahun itu memimpin pertandingan sudah berlangsung lama.

Kekalahan itu terjadi pada musim 2014-15 saat dihelatnya Northwest Derby antara Manchester United vs Liverpool. Saat itu, tim yang masih diasuh Brendan Rodgers kalah telak 0-3 di Old Trafford.

Selebihnya klub asal Merseyside sukses meraih kemenangan dan beberapa kali imbang. Tiga kemenangan dan empat hasil imbang mereka koleksi dari tujuh laga terakhir di Premier League. Dalam kurun waktu tersebut, Liverpool sukses menyarangkan 13 gol, berbanding lima gol yang bersarang di gawang mereka.

Satu hal yang membuat fan The Reds tidak akan melupakan Atkinson adalah dia merupakan wasit terakhir yang memberi Steven Gerrard kartu merah. Ironisnya, kartu merah tersebut diberikan ketika sang legenda baru bermain selama lima detik saja ketika menghadapi Manchester United di Anfield.

Tottenham Lebih Mentereng Bersama Martin Atkinson

zimbio.com

Jumlah kemenangan Spurs bersama Atkinson memang tidak lebih banyak dari Liverpool. Tapi itu disebabkan karena ia baru 38 kali memimpin pertandingan The Lilywhites.

Total 18 kemenangan, 11 kali imbang, dan sembilan kekalahan didapat Spurs ketika sang wasit memimpin laga mereka. Kendati di laga terakhirnya menelan kekalahan, Harry Kane dkk tetap patut jemawa jika dipimpin Atkinson.

Lima pertandingan terakhir, mereka hanya kalah sekali saja. Sedangkan empat pertandingan sisa berhasil disapu bersih dengan tiga angka. Namun, satu hal yang patut diwaspadai klub besutan Mauricio Pochettino adalah angka kebobolan mereka.

Dari enam pertandingan terakhir yang dipimpin Atkinson, Spurs sudah kebobolan enam gol. Dengan kata lain, mereka hanya sekali catatkan clean sheet saat menang 1-0 atas West Ham United Oktober lalu.

Catatan Martin Atkinson di Laga Liverpool vs Tottenham

zimbio,com

Karier panjang wasit 47 tahun ini memimpin pertandingan di Liga Inggris ternyata tidak serta merta membuatnya mendapat banyak kesempatan memimpin laga Liverpool vs Tottenham.  Mengawali kariernya sejak 2004 silam, ia justru baru sekali menjadi wasit di pertemuan kedua klub.

Satu-satunya pertandingan itu pun sudah terjadi sembilan tahun lalu, tepatnya di musim 2010-2011. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion White Hart Lane, Spurs sukses meraih kemenangan tipis 2-1.

Ketika itu, bek Liverpool, Martin Skrtel mencuri perhatian lewat dua gol yang ia lesakkan. Tapi dua gol itu lahir untuk kedua klub. Ya, bek Slovakia mencetak gol bunuh diri pada babak kedua setelah sebelumnya membawa timnya unggul di babak pertama.

Sementara gol kemenangan klub London Utara diciptakan oleh Aaron Lennon di masa injury time. Menariknya lagi, Atkinson juga sempat memberi hadiah penalti untuk Spurs. Namun, eksekusi yang diambil Jermain Defoe gagal menaklukkan kiper Liverpool, Pepe Reina.

Comments
Loading...