Menilik Statistik Penalti Paul Pogba untuk Manchester United

Football5Star.com, Indonesia – Paul Pogba menjadi sorotan utama setelah Manchester United hanya imbang 1-1 dengan Wolverhampton Wanderers pada pekan ke-2 Premier League, Selasa (20/8/2019) dini hari WIB. Itu karena dia gagal menceploskan bola dari eksekusi penalti. Tendangannya mampu ditahan kiper Rui Patricio.

Tak sedikit yang bertanya-tanya, mengapa pemain timnas Prancis itu yang mengambil tendangan penalti pada laga melawan Wolverhampton itu? Pekan sebelumnya, Marcus Rashford yang menjadi eksekutor dan sukses melakukan tugasnya ketika Manchester United menghajar Chelsea 4-0.

Jawaban dari pertanyaan itu sudah dilontarkan manajer Ole Gunnar Solskjaer. Dia menjelaskan, Marcus Rashford dan Paul Pogba memang sama-sama ditunjuk sebagai eksekutor penalti utama pada musim ini. Soal penentuan dalam pertandingan, diserahkan kepada mereka berdua.

Dalam pertandingan melawan Wolverhampton, Marcus Rashford mengakui ada diskusi terlebih dahulu dengan Paul Pogba. Seperti dikutip Football5Star.com dari Manchester Evening News, dia mengatakan, “Paul ingin mengambilnya. Simpel saja. Semua orang dapat gagal mengeksekusi penalti. Dia telah mencetak banyak gol bagi kami. Kita tak dapat melupakan hal itu.”

Ucapan striker timnas Inggris itu bukan basa-basi. Statistik menunjukkan, Paul Pogba sebetulnya punya akurasi tendangan penalti yang terbilang baik. Sejak bergabung kembali dengan Manchester United, ini adalah kegagalan ke-4 dalam 13 kesempatan mengeksekusi penalti. Artinya, tingkat akurasinya mencapai 69%.

Musim lalu, pemain yang pernah membela Juventus itu adalah eksekutor utama penalti di Manchester United. Sepanjang musim, dia melakukannya sebanyak 11 kali. Hasilnya, delapan berbuah gol, tiga gagal menghasilkan gol. Kegagalan terakhir dialami pada 3 Februari 2019. Kala itu, dia gagal menaklukkan Angus Gunn dalam laga melawan Southampton.

Selain Angus Gunn dan Rui Patricio, dua kiper lain yang mampu mementahkan eksekusi Paul Pogba dari titik putih adalah Jordan Pickford dari Everton dan Joe Hart yang membela Burnley.

Comments
Loading...