Menpora Minta PSSI Dengar Permintaan Suporter

Banner Footbal Live Star-Football5starFootball5star.com, Indonesia – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan manajemen klub mau mendengarkan para suporter demi terciptanya solusi atas masalah kekerasan di sepakbola Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menpora dalam penandatanganan Pernyataan Sikap Stakeholder Sepakbola Nasional Terkait Peningkatan Tata Kelola Pembinaan Suporter di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Senin (1/10). Lebih dari 20 perwakilan kelompok suporter Liga 1 dan Liga 2 hadir dalam acara ini.

menpora-imam-nahrawi-kemenpora-football5star
Kemenpora

“Momentum peristiwa kemarin menjadi dasar evaluasi penting bagi PSSI. Perlu ada langkah-langkah luar biasa terkait regulasi,” kata politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

“Butuh konsistensi dari PSSI dan operator agar hukuman bisa diterapkan secara konsekuen kepada siapapun tanpa pandang bulu. Ini harus dilakukan agar ada efek jera,” lanjut dirinya.

Dalam pernyataan sikap yang ditandatangani, salah satu poinnya berbunyi: PSSI dan klub bertanggung jawab melakukan pembinaan suporter hingga ke akar rumput.

Menpora yakin dengan pembinaan yang tepat, maka tingkat kebencian dan kekerasan antarkelompok suporter di Indonesia akan menurun. Contoh kebijakan yang akan dicoba adalah dengan menghapus nyanyian bernada kebencian dari tribun,

“Suporter adalah aset berharga yang harus dirawat. Di situasi jeda ini PSSI harus mendengarkan keinginan rakyat tentang sepakbola yang melahirkan generasi berkarakter dan bersatu dalam perbedaan,” ucap dirinya.

Menpora pun menyatakan bahwa pemerintah akan memfasilitasi segala hal yang dibutuhkan. Ia berharap koordinasi antara pihak PSSI, PT Liga Indonesia Baru, klub, dan para suporter berjalan dengan baik.