Menpora Sarankan Liga 1 Gunakan VAR

Football5star.com, Indonesia – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menyarankan Liga 1 2019 untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Menurut Imam Nahrawi, teknologi VAR akan sangat membantu wasit dalam mengeluarkan keputusan.

Menpora juga merujuk kepada adanya dua turnamen amatir yang menggunakan teknologi VAR. Yakni turnamen Bandung Premier League (BPL) dan Piala Menpora. Menurut Menpora, keberadaan VAR akan mengurangi adanya kontroversi.

“Mengenai VAR, saya kira itu hal yang wajib untuk diterapkan. Bukan lagi dianjurkan, apalagi di liga profesional. Di liga amatir Bandung Premier League itu menggunakan VAR, Piala Menpora berjenjang juga menggunakam VAR, sehingga VAR itu sangat membantu sekali,” ujar Imam Nahrawi seperti dilansir Football5star dari Antara.

Menpora Yakin Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Vietnam - Football5star - Kemenpora
Kemenpora

Beberapa kompetisi di Eropa kini mulai menggunakan teknologi VAR. Salah satunya adalah Serie A Italia yang mulai menggunakan VAR sejak musim 2017-18 silam. Liga Champions musim 2018-19 juga menggunakan teknologi serupa.

Keberadaan VAR memang sedikit mengurangi adanya kontroversi akibat kesalahan wasit. Sang pengadil bisa meminta video rekaman kejadian dari berbagai sudut sebelum mengeluarkan keputusan.

“Saya melihat secara langsung bahwa VAR itu membantu bagi wasit menegakan disiplin di lapangan yang tanpa kontroversi, protes, kecurigaan dan kegaduhan. Saya sangat menginginkan nanti sebelum kick-off Liga 1, VAR sudah diterapkan, karena menjadi bagian terpenting.”

Hingga saat ini, kompetisi Liga 1 2019 masih belum jelas akan digelar kapan. Pada pertemuan terakhir, Liga 1 2019 menurut rencana akan digelar antara tanggal 1-5 Mei 2019.

Comments
Loading...