Merasa Senasib, Gundogan Bela Sterling

Football5star.com, Indonesia – Insiden rasialis yang menimpa Raheem Sterling mendapatkan sorotan dari rekan satu timnya, Ilkay Gundogan. Marasa senasib, Gundogan bela Sterling.

Gundogan sebelumnya pernah mengalami pelecehan rasialis saat ia dan Mesut Oezil menemui Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menjelang Piala Dunia 2018. Keduanya mememiliki darah Turki dan keputusannya menemui Erdogan mendapatkan serangan dari para penggemar dan politisi Jerman. Berbagai serangan yang menimpa keduanya, membuat Oezil memutuskan gantung sepatu dari Timnas Jerman.

“Kami harus menghadapinya. Itu tidak mudah karena saya pernah menjalaninya di musim panas lalu. Saya tahu bagaimana rasanya dan itu sakit,” ungkap Gundogan dikutip Football5star dari Goal.

Menurut pemain Manchester City itu, para korban rasialis tak punya pilihan lain. Mereka hanya bisa mencoba kuat dan melakukan yang terbaik. Membuktikan ke banyak orang bahwa serangan yang dilancarkan tak memberikan efek apapun untuk mereka.

Raheem Sterling - Chelsea - Rasisme - Sheppnews
Sheppnews

“Tetapi pada akhirnya kami tidak punya pilihan lain selain tetap kuat dan mencoba melewati periode itu. Kami juga mencoba melakukan yang terbaik di lapangan. Ya, untuk tetap sukses, itulah yang penting,” tambahnya.

Seminggu setelah kejadian, Gundogan menjelaskan kondisi Sterling. Menurut penuturannya, Sterling telah menjalani kehidupan dengan normal. Banyaknya dukungan yang diberikan untuk Sterling juga membantunya untuk bangkit lebih cepat. Respons yang diberikan Chelsea juga membantu untuk memulihkan mental rekannya tersebut.

“Dia sudah normal. Saya pikir dia menjelaskannya melalui Instagram, memberikan pernyataan tentang itu. Saya tidak tahu apakah ada lagi yang harus dikatakan tetapi ini jelas sesuatu yang tidak boleh dilakukan di belahan dunia mana pun.

“Saya pikir dia mendapat banyak dukungan minggu ini. Saya pikir juga cara Chelsea bereaksi bagus. Itu adalah sesuatu yang harus kita semua lawan; kita semua harus memainkan peran masing-masing untuk membuatnya lebih baik bagi semua orang,” pungkasnya.

Comments
Loading...