Meski Ditinggal Ronaldo, Liga Spanyol Masih Miliki Banyak Penggemar

Football5star.com, Indonesia – Hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus pada Juli 2018 sempat menimbulkan kekhawatiran Liga Spanyol ditinggal penggemarnya. Namun hal itu sedikit terbantahkan dari hasil survei di tiga negara Asia.

Rilis yang diterima football5star.com dari gfk menyebutkan bahwa penggemar Liga Spanyol di tiga negara, Indonesia, India, dan Cina masih cukup tinggi. 80 persen penggemar sepak bola di ketiga negara memandang secara positif.

Para responden menganggap liga ini berkualitas tinggi, memiliki prestise yang signifikan, dan memiliki pemain terbaik di dunia. Selain itu, sekitar 80% dari responden juga memiliki kesan yang positif terhadap kompetisi Negeri Matador tersebut.

Nicolas Tagliafico - Cristiano Ronaldo - Ajax Amsterdam - Juventus - Zimbio
Zimbio

Selain itu dari riset yang dilakukan sejak November 2018 hingga Maret 2019 ini menyebutkan bahwa laga Liga Spanyol selalu dinanti. Alasannya karena pertandingan berlangsung cukup kompetitif dan memiliki aksi-aksi brilian dari pemain level dunia.

Hasil penelitian juga menyebutkan 40% responden menyaksikan pertandingan karena mereka mendukung salah satu tim. Sedangkan 36% responden menyaksikan karena mereka penggemar salah seorang pemain.

Riset ini dilakukan kepada 5.000 individu dari populasi pengguna internet berusia 16 hingga 69 tahun (masing-masing 1.500 di India dan Indonesia dan 2.000 di Tiongkok).

Pembagian responden berdasarkan jenis kelamin, usia dan wilayah penelitian dan dipastikan bahwa sampel tersebut mewakili populasi pengguna internet di setiap negara.

“Hasil Liga Spanyol dengan kenaikan 4 % dalam 1 tahun, sangat luar biasa.” kata Javier Gomez, perwakilan GfK.

Comments
Loading...