Meski Timnya Kalah, Suporter Myanmar Teriakkan Nama Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Ada pemandangan unik kala Timnas U-19 meraih kemenangan atas tuan rumah Timnas U-19 Myanmar di ajang Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9/2017). Saat itu, meski timnya kalah, namun pendukung tuan rumah menunjukkan sikap fair-play mereka dengan bertepuk tangan dan meneriakkan “Indonesia..Indonesia..Indonesia..”

Mereka juga meninggalkan tempat duduk di tribun tanpa menumpahkan cacian dan amarah kepada tim Myanmar yang saat itu kalah di negara sendiri.

Tak hanya itu, perilaku positif lainnya adalah para suporter Myanmar ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar, tidak ada teriakan cemooh. Hal itu tentu bersebrangan kala Timnas Indonesia sedang berlaga. Masih saja kerap terdengar cemoohan kala lagu kebangsaan negara lain dilantunkan.

Hal ini perlu menjadi contoh bagi suporter Indonesia. Sepanjang pertandingan mereka tidak ada yang melempar benda ke lapangan atau meneriaki bench skuat Timnas U-19. Kejadian berbeda justru terjadi saat Indonesia meraih hasil imbang kala melawan Timnas Fiji beberapa waktu lalu.

Saat selesai pertandingan, ada satu petasan yang dinyalakan oleh suporter dan tidak sengaja mengenai suporter lainnya yang bernama Catur Yulianto. Sontak, Catur yang menjadi korban harus meregangkan nyawa di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9/2017).

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri menaruh hormat dengan yang dilakukan suporter Myanmar. Ia pun berterima kasih terhadap pendukung Myanmar yang bisa menerima kekalahan dengan sikap fair-play.

“Itulah sepakbola, menang atau kalah suporter harus menerima dengan fair play. Sudah tidak jaman lagi suporter melakukan tindakan anarkis yang mampu merugikan tim kesayangannya,” ujar Indra dikutip dari situs resmi PSSI, Sabtu (9/9/2017).

 

 

Comments
Loading...