Mesut Oezil Bikin Partai Arsenal vs Manchester City Diboikot

Football5star.com, Indonesia – Pemerintah Cina mengambil langkah tegas setelah kecaman yang dilontarkan oleh gelandang Arsenal, Mesut Oezil, beberapa waktu lalu. Akibat cuitan Oezil, pemerintah Cina memutuskan untuk memboikot partai Premier League antara Arsenal vs Manchester City.

Televisi Nasional Cina, CCTV, awalnya memang berencana untuk menyiarkan partai Arsenal vs Manchester City secara langsung di Negeri Tirai Bambu pada Minggu (15/12) malam waktu setempat. Namun, mereka memutuskan untuk menyiarkan partai antara Wolves vs Tottenham Hotspur secara langsung.

Aksi dari CCTV merupakan langkah kedua yang diambil oleh pemerintah Cina terkait dengan komentar Oezil. Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) sudah terlebih dahulu mengecam aksi Oezil. Dalam pernyataannya, mereka mengatakan kalau aksi dari Oezil sudah melukai hati dari penggemar sepak bola di Cina.

Mesut Oezil - Arsenal - Cina - Financial Times
T-Online

Mesut Oezil memang mengecam pemerintah Cina terkait dengan perlakuan diskriminatif mereka terhadap kaum muslim Uyghur. Oezil pun mengatakan kalau negara-negara Islam harus bersatu membela kaum Uyghur yang sedang dipersekusi oleh pemerintah Negeri Tirai Bambu.

“Para laki-laki ditahan di kamp, sementara keluarga mereka dipaksa hidup dengan orang-orang Cina. Para wanita dipaksa menikah dengan orang Cina,” tulis Oezil melalui akun Twitter pribadinya.

“Tetapi para muslim diam. Mereka tak mau bicara soal ini. Mereka telah mengabaikan mereka (Uyghur). Tidak tahukah mereka, menyetujui penyiksaan sama dengan penyiksaan itu sendiri? Imam Ali berkata, ‘Jika kamu tak dapat mencegah penyiksaan, kabarkanlah!’” sambung Oezil.