Metamorfosis Logo Serie A Italia dari Zaman ke Zaman

Football5star.com, Indonesia – Pekan pertama Serie A Italia 2019-20 akan dihelat pada 24 Agustus 2019. Partai pembuka akan mempertemukan juara musim lalu Juventus melawan Parma di Stadion Ennio Tardini, Kamis (22/8/2019).

Serie A Italia musim ini terasa istimewa. Bukan hanya kedatangan para pemain top dunia seperti Franck Ribery di Fiorentina atau Romelu Lukaku di Inter Milan. Serie A Italia musim ini juga hadirkan warna baru dalam bentuk tampil logo.

Logo Serie A musim ini memang suguhkan tampilan baru. Dibuat oleh agensi desain Ragu Communication, logo anyar Serie A terlihat lebih modern dan dinamis.

Pada logo baru, huruf A ditempatkan di tengah panggung. Di bawah huruf A yang begitu kuat terdapat bendera Italia dan tulisan Serie A.

footyheadlines.com

“Logo baru ini memiliki makna karakter yang dinamis dan modern dan mewakili identitas baru Liga Italia Serie A,” kata CEO Serie A Luigi De Siervo seperti dikutip Football5Star.com dari Football Italia.

Sementara itu Presiden Lega Calcio Gaetano Micciche mengatakan bahwa logo baru ini menandakan bahwa sepak bola Italia memiliki langkah maju untuk terus menjadikan kompetisi ini merk bersejarah.

“Ini menjawab tantangan baru di pasar internasional dan kami akan menyebarluarkan ini untuk pengakuan logo ini di tingkat global,” kata Micciche.

Perkembangan logo Serie A dari zaman ke zaman

Pada musim lalu, Serie A juga tampilkan logo baru. Namun kemudian logo baru tersebut menimbulkan kontroversi tersendiri.

Sejumlah pihak menganggap perubahan logo itu dikaitkan dengan kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa logo tersebut secara tersirat disamakan dengan salah satu sudut Allianz Stadium, markas Juventus.

Sejak bergulir pada 1898, kompetisi Liga Italia baru benar-benar memiliki logo tersendiri pada 1996 silam. Sebelum tahun tersebut, kompetisi Serie A hanya modifikasi dari logo federasi sepak bola Italia, FIGC.

footyheadlines.com

Logo Serie A pada 1996 diperkenalkan ke publik sekaligus untuk memperingati 50 tahun bergulirnya kompetisi ini pasca Perang Dunia II. Pada 2006, logo Serie A kembali alami perubahan dengan penambahan nama sponsor TIM.

Empat tahun kemudian, logo kembali berubah dengan menonjolkan warna bendera Italia. Sejumlah pihak menganggap bahwa Serie A memang tidak pernah memiliki keseriusan untuk melakukan branding untuk logo mereka.

Sejumlah ekonom dan kritikus di Italia melihat otoritas sepak bola Italia tidak benar-benar konsisten untuk melakukan branding terhadap merk Serie A. Padahal berkaca negara tetangga, Inggris, branding dalam hal logo Liga Inggris sudah mereka lakukan semenjak era industri sepak bola.

Liga Italia