Michael Laudrup: Pria Denmark yang Melegenda di Spanyol

Football5star.com, Indonesia – Eks Real Madrid dan Barcelona, Michael Laudrup mungkin bisa disebut sebagai pemain terbaik dari Denmark yang pernah berkarier di atas lapangan hijau. Hal ini tentu tak lepas dari sejumlah prestasi gemilang yang ia dapatkan baik di level klub maupun individual.

Michael Laudrup lahir di Frederisberg, Denmark pada tanggal 15 Juni 1964. Laudrup lahir di keluarga yang sudah tak asing lagi dengan dunia sepak bola. Kakeknya, Finn Laudrup sempat menjadi bagian dari skuat timnas Denmark.

Sementara, paman dari Laudrup, Ebbe Skovdahl, sempat melatih di klub Skotlandia, Aberdeen, serta raksasa Denmark, Brondby. Adik dari Laudrup, Brian, juga merupakan seorang pemain profesional yang sempat membela Bayern Munich, AC Milan, Chelsea, dan Ajax.

BERSINAR DI DENMARK DAN NYARIS GABUNG KE LIVERPOOL

Laudrup mengawali kariernya bersama klub asal Kopenhagen, KB pada tahun 1981. Setahun berselang, Laudrup memutuskan untuk hengkang ke Brondby. Di musim 1981-82, sukses mencetak 15 gol di Liga Denmark.

Penampilan tersebut pun membuat Laudrup sukses mencuri perhatian raksasa Inggris, Liverpool, pada tahun 1983. Ketika itu, The Reds dan Laudrup sudah sepakat dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Berlingske

Namun, Laudrup gagal pindah ke Inggris. Kegagalan itu disebabkan oleh Liverpool yang tiba-tiba mengubah durasi kontrak Laudrup menjadi empat tahun tanpa tawaran gaji yang lebih besar.

Laudrup pun mentah-mentah menolak tawaran tersebut. Beberapa pekan berselang, ia memutuskan hijrah ke Italia dan bermain untuk Juventus.

“Ketika itu, Liverpool merupakan salah satu klub terbaik di Eropa. Jadi, mereka mungkin berpikir saya akan menerima tawaran mereka begitu saja. Tapi, saya tidak melakukannya dan dua pekan berselang saya bergabung ke Juventus,” tutur Laudrup dikutip dari Mundial Magazine.

Laudrup pun bermain di Italia selama hingga tahun 1989. Selama enam tahun bermain di Italia, Laudrup sukses mencetak 48 gol dari 221 penampilan.

BarcelonaDenmarkLegendaMichael LaudrupReal MadridTimnas Denmark