Mikel Arteta dan Frederic Dehu, Gagal di Barcelona, Lumayan di PSG

Football5star.com, Indonesia – Barcelona bakal ladeni PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-21 di Stadion Nou Camp, Rabu (16/2/2021). Pertemuan kedua tim akan hadirkan pertandingan yang cukup sengit. Semenjak dilatih Mauricio Pochettino, PSG mulai menunjukkan konsistensi di jalur kemenangan.

Sayangnya laga kedua tim tak bisa diikuti oleh Neymar Jr. Pemain asal Brasil itu masih alami cedera hingga tak bisa ‘pulang’ ke Nou Camp, stadion yang tiga tahun lalu jadi panggung dirinya bersama Luis Suarez dan Lionel Messi.

Kedua klub memang memiliki sejarah soal pembelian antar pemain. Pada 2000-01, Barcelona melepas dua pemainnya, Mikel Arteta dan Frederic Dehu ke klub Prancis tersebut. Dehu dilepas secara permanen sementara Arteta berstatus pinjaman.

Karier Arteta dan Dehu di PSG

Mikel Arteta yang merupakan jebolan asli La Masia pada musim itu memang terpinggirkan dari tim utama Catalan. Padahal Arteta jalani musim yang cukup baik bersama tim Barcelona C dan Barcelona. Pada musim 1999-2002, Arteta jalani 43 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Mikel Arteta dan Frederic Dehu, Gagal di Barcelona, Lumayan di PSG
Marca

Sayangnya Arteta berada di kondisi kurang tepat. Barca yang saat itu dilatih oleh Carles Rexach memiliki cukup banyak stok pemain tengah. Arteta muda kalah saing dengan sejumlah nama seperti Phillip Cocu, Xavi, bahkan Thiago Motta.

Nasib sama juga dialami oleh pemain Prancis, Frederic Déhu. Penampilannya yang impresif bersama Nice pada 1991 hingga 1999 membuat Barca meminangnya. Sayangnya penampilan Dehu jauh dari ekspektasi. Membela Barca dari 1999 hingga 2000, Dehu hanya 11 kali bemrain.

Pindah ke Prancis, Arteta dan Dehu tunjukkan permainan yang cukup lumayan. Pelatih PSG saat itu, Luis Fernandez cukup percaya kepada kemampuan Arteta dan Dehu. Khusus Dehu bahkan menjadi kapten untuk PSG pada musim itu, padahal ia baru satu musim membela Les Parisiens.

Kedua pemain ini di PSG memberikan geluar juara meski hanya Piala Intertoto 2001. Semusim di PSG, Arteta pada akhirnya dilego Barca ke Rangers. Sedangkan Dehu tetap bermain di PSG hingga 2004. Satu gelar kembali dipersembahkan Dehu yakni Coupe de France.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More