Miliki Kewarganegaraan Belanda, Sidoel Pede Dipanggil PSSI

Football5star.com, Indonesia – Pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Spanyol bersama klub Cordova CF, Darren Sideol mengaku bahwa sampai saat ini hanya memiliki kewarganegaran Belanda. Namun Sidoel menyebut bahwa ke depan PSSI mungkin akan mengajaknya bergabung ke timnas Indonesia.

“Saya lahir di Belanda, tetapi orang tua saya dari Suriname dan kakek dari pihak aya saya dari Indonesia. Saya hanya memiliki kewarganegaraan Belanda. Ke depan sepertinya tim Indonesia ingin berbicara dengan saya untuk menjadi bagian dari mereka,” ucap Sidoel seperti dikutip Football5star.com dari diariocordoba, Jumat (28/8/2020).

Pada 21 Juli lalu, Sidoel resmi direkrut klub Spanyol, Cordoba CF. Ia dikontrak satu tahun dengan opsi perpanjangan di tahun berikutnya.

“Dia dilatih sebagai bek tengah di ADO Den Haag, klub kota asalnya dan kemudian bergabung ke akademi Ajax. Dia pemain muda Belanda yang agak melambat di kariernya beberapa tahun terakhir,” tulis media Spanyol saat ia pertama diperkenalkan Cordoba CF.

Sidoel tak membantah bahwa saat pertama kali datang ke Cordoba, dirinya mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Faktor cedera ringan menjadi salah satu penyebab menurutnya.

“Hari-hari pertama saya memang sulit karena mengalami cedera ringan, saya tidak berlatih pada dua hari pertama, tetapi untungnya segera pulih. Saya sangat siap dan bisa berlatih keras.”

“Setiap orang akan selalu memberikan yang terbaik karena semua orang ingin menunjukkan kemampuan mereka sendiri. Segalanya saat ini berada di kondisi yang bak, baik hotel, lingkungan, ataupun rekan di tim,” ungkapnya.

Ini untuk kali kedua, Darren Sidoel mengungkapkan keinginan untuk bisa membela timnas Indonesia. Beberapa waktu lalu, ia juga menyebut bahwa jika ada undangan resmi dari pihak PSSI, ia akan mempertimbangkan membela negeri leluhurnya tersebut.

Cordoba CFDarren SidoelPSSITimnas Indonesia