Minta Penjelasan Soal Kongres, Kemenpora Bantah Intervensi PSSI

Football5Star.com – Kemenpora meminta penjelasan kepada PSSI soal Kongres Pemilihan yang akan digelar 2 November mendatang. Namun, mereka membantah kalau hal itu merupakan sebuah intervensi pemerintah.

Seperti diketahui, PSSI direncanakan akan melakukan kongres pada 2 November mendatang di salah satu Hotel di Jakarta. Kemenpora belakangan memang sempat mempertanyakan hal itu karena sebelumnya FIFA ingin PSSI menggelar kongres pada tahun depan.

“Mengingat bidang keolahragaan telah diatur ketentuannya dalam UU SKN, di mana menteri yang bertanggung jawab bidang olahraga adalah Menpora, maka sudah pada posisinya bagi Kemenpora untuk meminta penjelasan dari PSSI terkait dengan rencana Kongres PSSI,” tulis rilis Kemenpora melalui Gatot S Dewa Broto.

Gatot S. Dewabroto (Football5star.com)
Metro TV

Kendati demikian, Gatot menyebut hal ini bukan sebuah bentuk intervensi pemerintah. Karena pengalaman 2016 pernah terjadi bahwa PSSI harus mengadakan Kongres pada 10 November 2016 setelah Kemenpora 14 Oktober 2014 menerima konfirmasi langsung dari FIFA.

“Melalui email yang ditandatangani oleh Sekjen FIFA Fatma Samoura kepada Deputi IV Kemenpora, yang menyebutkan bahwa Kongres PSSI harus diadakan pada tanggal 10 November 2016 di Jakarta,” lanjut rilis itu.

“Permintaan konfirmasi itu dikirimkan oleh Kemenpora saat itu karena sebelumnya ada perselisihan antara Kemenpora dengan PSSI tentang masalah waktu dan tempat penyelenggaraan Kongres,” tutup Kemenpora.

Comments
Loading...