Salah, Mane, dan Aubameyang Top Skorer Liga Inggris 2018-19

Football5star.com, Indonesia – Penghargaan sepatu emas buat top skorer Liga Inggris akhir musim 2018-19 tak hanya menjadi milik satu atau dua pemain. Melainkan ada tiga pemain yang memenangi predikat tersebut, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Dua pemain Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane, serta penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, sama-sama mengemas tiga gol. Padahal, hingga pekan ke-37 Liga Inggris musim ini, Salah sudah lebih dulu menempati daftar teratas pencetak gol terbanyak dengan 22 gol.

Namun, pemain sayap asal Mesir itu tidak berhasil menambah pundi-pundi golnya pada laga melawan Wolverhampton Wanderers. Sebaliknya, rekan setimnya, Mane bisa mengemas dua gol pada laga yang berlangsung di Stadion Anfield, Minggu (12/5/2019) malam WIB.

Liverpool pun memastikan kemenangan 2-0 atas Wolverhampton. Akan tetapi, kemenangan tersebut tetap tidak cukup untuk membuat tim berjulukan The Reds memenangi gelar Premier League musim ini.

Skuat asuhan Juergen Klopp harus puas finis sebagai runner-up karena Manchester City sukses mempertahan gelarnya. Ya, Man City keluar sebagai kampiun dengan raihan 98 poin akhir atau unggul tipis, satu poin lebih banyak dari Liverpool.

Sementara itu, Aubameyang juga mampu menutup musim 2018-19 dengan kemasan 22 gol. Jumlah tersebut didapatnya berkat torehan dua golnya pada pekan pamungkas Liga Inggris.

Ya, Aubameyang mencetak dua dari tiga gol kemenangan tim beralias The Gunners di markas Burnley. Meski menang 3-1, Arsenal dipastikan gagal lolos ke Liga Champions musim depan via posisi klasemen karena hanya finis di urutan kelima klasemen.

Regulasi Sepatu Emas

Terkait regulasi penentuan pencetak gol terbanyak atau top skorer Liga Inggris, murni hanya menghitung torehan gol. Pemenang sepatu emas adalah pemain yang memiliki kemasan gol terbanyak dalam satu musim.

Tidak ada faktor lain yang menjadi perhitungan dalam penghargaan ini. Seperti jumlah kemasan assist atau gol permenit tidak diperhitungkan. Dengan begitu, Salah, Mane, dan Aubameyang pun sama-sama berhak atas sepatu emas musim ini.

Dominasi Afrika

Pemain asal Afrika benar-benar mendominasi dalam urusan mencetak gol di Liga Inggris musim ini. Salah merupakan pemain asal Mesir, Mane (Senegal), dan Aubameyang (Gabon).

Buat Salah, keberhasilan ini merupakan pencapaian keduanya di Premier League. Sebelumnya, ia pernah memenangi sepatu emas pada musim 2017-18 dengan torehan 32 gol.

Bagi Mane, status pencetak gol terbanyak menjadi kesuksesan pertamanya dalam perjalanan karier. Sementara itu, Aubameyang tergolong impresif mengingat musim ini adalah kiprah pertamanya terlibat satu musim penuh bersama Arsenal.

Namun, menyandang top skorer adalah pengalaman keduanya dalam karier. Sebelumnya, ia juga pernah memenangi predikat pencetak gol terbanyak saat masih berseragam Borussia Dortmund pada musim 2016-17.

Tajamnya pemain-pemain asal Afrika di Premier League bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, Didier Drogba (Pantai Gading) sudah dua kali memenangi sepatu emas bersama Chelsea pada musim 2006-07 dan 2009-10.

Tiga Top Skorer

Ada tiga pemain yang memenangi penghargaan top skorer kembali terjadi setelah satu dekade. Ya, berbagi gelar sepatu emas bukan kali pertama terjadi sejak era Premier League.

Sejauh ini, ada tiga pemain yang menjadi top skorer Liga Inggris setidaknya sudah pernah tiga kali terjadi. Yakni, pada musim 1997-97 dan 1998-99.

Pada musim 1997-98 merupakan kali pertama terdapat tiga pemain yang berhasil memenangi penghargaan sepatu emas era Premier League. Saat itu, Chris Sutton (Blackburn Rovers), Dion Dublin (Conventry City), dan Michael Owen (Liverpool) sama-sama mengemas 18 gol dalam semusim.

Ketatnya persaingan pencetak gol terbanyak kembali terjadi pada musim berikutnya. Kali ini, Owen, Dwight Yorke (Manchester United), dan Jimmy Floyd Hasselbaink (Leeds United) juga berbagi predikat top skorer dengan total 18 gol semusim.

Thierry Henry

Sejak era Premier League pada musim 1992-93, sudah ada 34 pemenang penghargaan sepatu emas. Pemain asal Inggris masih mendominasi penghargaan ini dengan total 12 kali. Pemain asal Belanda dan Prancis berada di urutan kedua dengan 5 kali.

Pemain asal Argentina, Mesir, dan Pantai Gading sama-sama sudah 2 kali. Pemain asal Bulgaria, Gabon, Portugal, Senegal, Trinidad dan Tobago, dan Uruguay juga pernah sekali menjadi top skorer di Liga Inggris.

Sementara itu, sejauh ini baru Thierry Henry yang paling banyak memenangi penghargaan sepatu emas Premier League. Total legenda Arsenal ini pernah menyandang titel tersebut pada musim 2000-01, 2003-04, 2004-05, dan 2005-06.

Comments
Loading...