Motivasi Stoke untuk Kalahkan Liverpool

Stoke City akan bertandang ke markas Liverpool, Rabu (27/1) dinihari WIB, di laga leg kedua semifinal Piala Liga Inggris. Jelang laga, skuat Stoke punya motivasi besar untuk menang.

Pada leg pertama, The Potters takluk 0-1 dan butuh kemenangan untuk lolos ke final. Jelang laga nanti, manajer Mark Hughes menyuntik semangat Xherdan Shaqiri dkk dengan membeberkan fakta sejarah. Skuat Stoke saat ini berpeluang menyamai prestasi musim 1971-72 saat Stoke berhasil menjuarai Piala Liga Inggris.

Prestasi 44 tahun lalu itu adalah satu-satunya trofi yang pernah diraih Stoke sepanjang sejarah. Demi mengulangi sejarah emas itu, Hughes memastikan Stoke akan mati-matian di Anfield.

“Sudah lebih dari 40 tahun berlalu. Kami mengingatkan hal itu kepada para pemain karena ini kesempatan bagi mereka untuk mencatatkan namanya dalam sejarah. Saat kesempatan itu datang, anda harus meraihnya. Ini peluang yang tak akan kami biarkan berlalu begitu saja,” bilang Hughes.

“Kami akan memberikan segalanya. Ini kesempatan bagi semua orang yang ada di klub ini untuk meraih sesuatu yang tak pernah diraih selama bertahun-tahun. Ini juga penting karena jika kami sampai ke final dan meraih trofi, hal itu akan menciptakan mental juara,” tambah manajer 52 tahun itu.

“Kami memang tertinggal secara agregat dan tahu apa yang harus kami lakukan. Tidak ada wilayah abu-abu untuk kami. Stoke wajib menang. Saat berada pada situasi seperti itu sebagai pemain atau manajer, pikiran menjadi lebih jelas. Kejelasan itu akan menjadi keuntungan bagi kami,” tandas Hughes.