Mourinho: Hazard Bukan Pemain “Nomor 10”

Manajer Chelsea, Jose Mourinho rupanya masih berbeda persepsi dengan pemainnya, Eden Hazard. Mourinho menilai Hazard bukan pemain “nomor 10”untuk The Blues.

Pandangan Mourinho berseberangan dengan Hazard. Pemain asal Belgia itu menilai dirinya merupakan pemain “nomor 10” sehingga mesti diberi kesempatan bermain di area tengah lapangan. Hazard bahkan menilai permainan apik yang ditunjukkannya pada pekan ke-13 Premier League melawan Norwich City akibat dipasang sebagai gelandang serang yang beroperasi di tengah.

Akan tetapi, Mourinho berpikir lain. Hazard di matanya adalah winger. “Saya ada Eden berbeda pendapat mengenai konsep pemain ‘nomor 10’. Bagi saya pemain ‘nomor 10’ melakukan segala sesuatu dengan bola maupun saat tidak memegang bola. Jadi, pemain itu sangat spesial di dalam tim saya,” kata Mourinho.

Manajer asal Portugal itu mengaku pada periode pertamanya di Chelsea, dirinya memainkan dua pemain “nomor 8”. Namun, pada masa terakhir kepelatihannya di sana, Mourinho memainkan dua midfielder dan satu pemain “nomor 10”. Dia menyebut pemain itu sangat penting sehingga akan dituntutnya tentang banyak hal.

Mourinho ingin pemain “nomor 10” mampu mencetak gol dan memasuki kotak penalti. Secara khusus, dia mengaku pemain itu harus tampil seperti Oscar dalam laga melawan Maccabi Tel Aviv di Liga Champions. “Pemain ‘nomor 10’ bagi saya adalah pemain ‘nomor 8.5’ ketika kehilangan bola dan menjadi ‘nomor 9’ ketika mendapat bola,” ujarnya.

Atas dasar itu, dia ragu Hazard mampu menjalankan peran tersebut. Sebab, Hazard kurang mampu bermain bertahan. “Wesley Sneijder dan Deco adalah pemain ‘nomor 10’ sempurna menurut saya. Pemain ‘nomor 10’ merupakan pemain komplit. Mesut Oezil juga sangat baik saat di Real Madrid. Sneijder dapat bertahan, masuk ke kotak penalti, dan mencetak gol. Apakah Eden bisa seperti itu? Saya rasa tidak,” tandas Mourinho.

Comments
Loading...