Mulai Musim Depan, Serie A Akan Ikuti Langkah Premier League

Football5Star.com, Indonesia – Variatif dan sangat berwarna. Begitulah nuansa kostum tim-tim pada perhelatan Serie A. Tak terkecuali dalam penggunaan font untuk nama pemain dan nomor di punggung dan celana. Itu jadi pembeda tersendiri dari liga-liga lain, terutama Premier League.

Akan tetapi, mulai musim depan, fenomena tersebut terancam sirna. Pasalnya, Serie A saat ini tengah menggodok rencana penyeragaman font di semua kostum tim kasta tertinggi sepak bola Italia itu. Ya, mereka ingin mengikuti jejak Premier League dan beberapa liga lainnya.

Menurut Calcio e Finanza, rencana penyeragaman font di jersey itu sudah hampir final. Pihak Serie A kini tengah mencari font unik yang nantinya akan digunakan seluruh tim, tak peduli siapa pun yang menjadi sponsor apparel-nya.

Meskipun berbeda apparel, tim-tim di Premier League menggunakan font yang sama di kostumnya.
Getty Images

Hal yang mendasari pengelola liga sepak bola Italia menggodok rencana tersebut antara lain terkait keterbacaan. Ada beberapa font yang dinilai tak terlalu jelas saat dilihat lewat layar televisi. Dalam beberapa tahun terakhir, menurut Calcio e Finanza, kasus tersebut selalu muncul.

Bila benar-benar diberlakukan, Serie A musim depan akan bernuansa seperti Premier League. Selain itu, hal serupa juga diberlakukan di LaLiga, Ligue 1, dan Liga Portugal. Di liga-liga itu pun font yang digunakan semua klub sama.

Terkait penggunaan font seragam, kasus menarik sempat muncul di LaLiga. Real Madrid pernah membangkang pada dua kesempatan. Salah satunya pada musim lalu ketika menang 2-0 atas Getafe. Namun, Los Blancos lantas terkena denda karena kalah di pengadilan.

Meskipun nantinya diseragamkan, masih ada peluang tim-tim Serie A menggunakan font yang disediakan sponsor apparel. Antara lain pada kostum yang digunakan di kancah antarklub Eropa. Hingga saat ini, UEFA belum memberlakukan penyeragaman font di Liga Champions dan Liga Europa.