Myanmar Capai Peringkat Tertinggi FIFA, Indonesia Bagaimana?

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola Myanmar dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan pesat. Hal ini pun berdampak pada peringkat mereka di ranking FIFA.

Dalam rilisan terbarunya, FIFA mengonfirmasi bahwa Myanmar mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Negara beribukotakan Yangon kini menempati peringkat ke-136 dunia. Mereka naik 11 peringkat dari sebelumnya.

Capaian ini sekaligus jadi yang tertinggi sepanjang sejarah negara yang kini dilatih Antoine Hey. Tak Cuma itu, mereka juga jadi negara yang mengalami kenaikan tertinggi pada rilisan FIFA November ini.

Chelsea - FIFA - Embargo Transfer - The Guardian
The Guardian

Menanjaknya ranking Myanmar tak lepas dari performa apik yang mereka tunjukkan dalam beberapa laga terakhir. Aung Thu dkk mampu mengalahkan Nepal, Tajikistan, Mongolia, serta Kuwait.

Kendati mengalami kenaikan signifikan, Myanmar belum mampu menggeser Vietnam sebagai negara Asia Tenggara yang meraih peringkat tertinggi FIFA. Ya, saat ini Vietnam duduk di urutan ke-94.

Jika Myanmar mampu melesat begitu jauh di ranking FIFA, bagaimana nasib Indonesia? Tim Garuda justru terjun bebas ke urutan 173. Andik Vermansyah dkk turun dua tingkat dari posisi sebelumnya.

Praktis Indonesia hanya unggul dari tiga tim lemah lain di kawasan Asia Tenggara seperti Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Turunnya peringkat Tim Garuda memang tak lepas dari hasil buruk yang diraih selama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bayangkan saja, dari lima pertandingan, Indonesia selalu kalah.

Sementara itu, tidak ada perubahan berarti di peringkat lima teratas. Pemuncak ranking FIFA masih dipegang Belgia, yang kemudian diikuti oleh Prancis, Brasil, Inggris, Uruguay.