Indonesia Mampu Akhiri Penantian 28 Tahun di SEA Games?

Football5star.com, Indonesia – Skuat asuhan Indra Sjafri sukses melenggang ke final SEA Games 2019. Tepatnya setelah berhasil memenangi laga Myanmar vs Indonesi di semifinal, Sabtu (7/12/2019).

Tim berjulukan Garuda Muda memenangi laga Myanmar vs Indonesia dengan skor 4-2 di Stadion Rizal Memorial. Egy Maulana Vikri dkk harus bertarung selama 120 menit untuk bisa memastikan langkah ke partai puncak SEA Games 2019.

Di laga ini timnas U-23 Indonesia sebenarnya sanggup unggul 2-0 lebih dahulu lewat gol Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri. Namun, timnas U-23 Myanmar berhasil mencetak dua gol balasan dari Mann Aung Kaung dan Win Naing Tun. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Myanmar vs Indonesia - Football5star.com
pssi.org

Dua gol yang masing-masing dicetak Osvaldo Haay dan Evan Dimas memastikan kemenangan timnas U-23 Indonesia. Pasukan Garuda Muda pun hanya tinggal menunggu calon lawan antara Vietnam atau Kamboja di final.

Memori 1991

Keberhasilan tersebut membuat tim Merah Putih berpotensi mengulang kesuksesan di SEA Games 1991. Tepatnya saat berhasil memenangi medali emas yang juga berlangsung di Manila, Filipina. Saat itu, Indonesia mampu mengalahkan Thailand di final lewat adu penalti.

Ya, setelah 1991, Indonesia belum pernah kembali keluar sebagai kampiun di ajang SEA Games. Berarti sudah 28 tahun tidak lagi pernah berhasil kembali memenangi medali emas.

Skuat asuhan Indra Sjafri berpeluang memenangi medali emas ketiga di SEA Games. Sebelumnya, Indonesia pernah dua kali menjadi kampiun pada 1987 dan 1991.

Akan tetapi, tim Merah Putih sejatinya sudah enam kali sanggup melangkah ke final SEA Games. Namun, gagal menjadi kampiun di empat kesempatan pada 1979, 1997, 2011, dan 2013.

Keberhasilan kembali mencapai partai puncak membuat Osvaldo Haay cs diharapkan mampu mengakhiri penantian selama 28 tahun.