Nagelsmann Catat Rekor Baru di Liga Champions

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Julian Nagelsmann mencatatkan rekor baru di Liga Champions. Laga Shakhtar Donetsk melawan Hoffenheim menasbihkan dirinya sebagai pelatih termuda dalam gelaran Liga Champions.

Usia Nagelsmann saat laga ini berlangsung adalah 31 tahun 58 hari. Catatan ini melampaui catatan milik Viktor Goncharenka, pelatih asal Belarus. Saat itu, Goncharenka melatih klub negara asalnya, BATE Borisov, saat melawan Real Madrid. Pertandingan itu berlangsung pada musim 2018-08 dan usianya saat itu adalah 31 tahun 99 hari.

Pelatih termuda ketiga yang memimpin klubnya di pertandingan Liga Champions adalah Ricardo Gomes. Pada 1996-97, Gomes memimpin pasukan Paris Saint-Germain bermain di Liga Champions saat masih berusia 32 tahun 278 hari.

Pelatih termuda keempat adalah Domenico Tedesco. Pelatih bernama khas Italia itu memang lebih dekat dengan sepak bola Jerman ketimbang Italia. Pasalnya, sejak tahun 2013 atau saat ia masih berusia 28 tahun, ia telah melatih Stuttgart U-17.

Hingga akhirnya di tahun 2015, ia menyeberang ke Hoffenheim dan menjadi pelatih Hoffenheim U-19 selama kurang lebih dua tahun. Dan di tahun 2017, ia menjadi pelatih utama Schalke 04. Pada 18 September 2018, ia membesut Schalke 04 melawan Porto dan menjadi pelatih termuda keempat di Liga Champions dengan catatan usia 33 tahun 6 hari.

Catatan terbaik pelatih muda di Kompetisi Eropa jatuh kepada Andre Villas-Boas. Ia sukses membawa Porto menjadi juara Liga Europa 2011. Ia pun menjadi pelatih termuda kelima dalam gelaran Liga Champions dengan usia 33 tahun 331 hari.

Comments are closed.