Nama Legenda AC Milan Masuk Kandidat Pelatih Timnas Belanda

Football5star.com, Indonesia – Nama gelandang legendaris AC Milan, Ruud Gullit, secara mengejutkan muncul sebagai kandidat pelatih tim nasional Belanda. Padahal, pria yang identik dengan rambut gimbal ini sudah lama tidak menangani sebuah tim sejak dipecat klub Rusia pada 2011.

De Telegraaf yang memberikan kabar ini. Menurut media Belanda tersebut, pria berusia 54 tahun tersebut berada di barisan depan menjadi bos The Orange bersama dengan mantan asisten Chelsea dan Barcelona, Henk ten Cate, serta favorit saat ini, Roger Schmidt, yang baru saja dipecat klub Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Gullit mencetak 35 gol dalam 117 penampilannya bersama Milan pada ajang Serie A antara 1987 dan 1993, di mana selama periode tersebut dia memenangi dua gelar Eropa serta tiga scudetti. Setelah itu, Gullit membela Sampdoria selama dua tahun dan mengemas 24 gol.

Namun kariernya sebagai pelatih tidak terlalu mentereng karena belum pernah menangani tim elite. Sejak dipecat klub Rusia, Terek Grozny, pada 2011, Gullit tidak pernah melatih lagi. Kali terakhir dia menangani klub di lima liga top Eropa adalah 18 tahun silam ketika menjadi manajer Newcastle United.

Belanda saat ini masih mencari pelatih setelah memecat Danny Blind pada Maret 2017. Pemecatan itu dilakukan setelah Belanda kalah 0-2 dari Bulgaria dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, yang membuat mereka berada dalam situasi kritis.

Kini, Belanda menempati peringkat keempat Grup A Zona Eropa dengan raihan tujuh poin, yang membuat mereka terancam gagal lolos ke putaran final di Rusia. Belanda terpaut enam angka dari Prancis di puncak klasemen.

Jika akhirnya gagal lolos maka ini termasuk periode terburuk sepak bola Belanda karena untuk kedua kalinya secara beruntun gagal mengikuti turnamen major. Sebelumnya, Negeri Kincir Angin ini juga tidak lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

BelandaPiala DuniaRuud Gullit