Nasib Wasit Lebih Parah dari Pemain Akibat Penundaan Liga 1

Football5Star.com – Nasib para wasit terbilang lebih para dari pemain karena ditundanya Liga 1 2020. Sebab, wasit hanya mendapatkan bayaran per pertandingan saja dan ini yang akan dibahas oleh PSSI.

Seperti diketahui, PSSI memang sudah menetapkan status force majeure pada periode Maret-Juni. Hal itu buntut kian meningkatnya kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia dari hari ke hari.

Mereka dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 pada 1 Juli andai pemerintah tak memperpanjang status darurat nasional sampai 29 Mei. Tapi jika status darurat diperpanjang, maka Liga 1 dan Liga 2 akan dihentikan seperti 2015.

Instagram Persela

“Saat ini kami memang memikirkan ke arah sana dengan kompetisi yang seperti ini perangkat pertandingan nasibnya bagaimana. Sekarang posisi kami sudah berdikusi dengan PT LIB, yang jelas kami pasti memikirkan nasib mereka,” ungkap Ketua Komite Wasit, Sonhadji.

Menurutnya, kondisi seperti ini memang sangat dilematis. Apalagi, menurutnya uang dari sponsor ke LIB masih belum sepenuhnya masuk karena situasi pandemi virus corona. Untuk itu pihaknya akan berbicang dengan LIB mencari solusi nasib wasit.

“Wasit dibayar perpetandingan, kalau tidak ada pertandingan mereka pasti tidak dibayar dan tidak ada pemasukan. Sebenarnya kami ingin semua bisa terbayar tapi kondisinya sekarang PT LIB pun sedang cari solusi yang tepat,” tandas dia.

Liga 1 2020PSSIWasit