Naturalisasi Pemain Brasil, Iwan Bule Adopsi Langkah Nurdin Halid

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola Indonesia digemparkan dengan kedatangan lima pemain asal Brasil. Belakangan kelima pemain tersebut diduga sebagai rencana PSSI untuk melakukan naturalisasi.

Kelima pemain asal Brasil itu kini telah menyebar ke beberapa klub, seperti Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United. Mereka adalah Leozao, Pedro, Maike Henrique, Thiago Perreira, serta Robert Junior.

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, mengakui masuknya Thiago Perreira dan Maike Henrique dalam skuatnya sebagai program dari PSSI. Ia sendiri bahkan belum mengetahui kualitas dua pemain yang masuk ke timnya itu.

pssi.org

Masuknya gelombang pemain asal Brasil ke Indonesia banyak dikaitkan dengan program naturalisasi yang dicanangkan Mochamad Iriawan jelang Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia. Kendati demikian, sampai saat ini ketua PSSI yang akrab dipanggil Iwan Bule belum memberikan komentar apa pun.

Di sisi lain, cara Iwan Bule ini seperti mengingatkan kita pada cara serupa yang dilakukan ketua PSSI terdahulu, Nurdin Halid. Pada 2006 silam ia juga berencana menaturalisasi tujuh pemain asing. Dan menariknya, ketujuh pemain tersebut juga berasal dari Brasil.

“Kalau tidak ada kendala, November ini para pemain Brasil itu akan datang ke Indonesia dan mengikuti seleksi. Jika cocok dan kualitasnya bagus mereka akan kami ikutkan di klub-klub untuk mengikuti kompetisi,” kata Nurdin Halid kepada Antara 2006 silam.

“Saya siap diprotes dan dikritik karena kebijakan ini. Saya melakukan ini karena ingin sepak bola Indonesia berbicara di pentas internasional, termasuk Piala Dunia,” lanjutnya ketika itu.

iwan buleNaturalisasiNurdin HalidPSSITimnas Indonesia