Negaranya Rusuh, Irak Harus Gelar Pertandingan di Tempat Netral

Football5Star.com – Sebagai imbas dari demo rusuh di negaranya, Irak harus menggelar pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di tempat netral. FIFA dalam hal ini sudah meminta Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) untuk mencari venue laga Grup C.

Sejatinya, laga kualifikasi itu dijadwalkan akan dihelat di Basra Sports City. Tetapi, FIFA harus turun tangan memindahkan pertandingan setelah ramainya deminstrasi antipemerintahan yang sedang berlangsung di Irak.

“Seperti yang Anda ketahui, FIFA dan AFC memantau seksaka situasi keselamatan dan keamanan di irak beberapa pekan terakhir. Dengan demikian, kami berharap penyelenggaraan antara Irak vs Iran dan Bahrain diselenggarakan di tempat yang netral,” kata Divisi Turnamen FIFA, Colin Smith dalam suratnya kepada IFA.

Dalam demo beberapa hari terakhir, ada setidaknya 13 pengunjuk rasa yang tertembak mati dalam 24 jam terakhir. Mereka ditembak oleh pasukan keamanan Irak soal dekmo antipemerintahan.

“Kami melihat situasinya belakangan kian tak terkendali dari segi keamanan. Maka itu, FIFA meminta IFA mencari tempat netral di luar Irak sebagai venue pertandingan resmi,” tulis surat FIFA yang ditunjukkan kepada Sekjen IFA, Tariq A Ali.

Irak saat ini berada di puncak grup dengan tujuh poin, sama dengan Bahrain di urutan kedua. Sedangkan, Iran mengutit di posisi ketiga dengan enam poin. Tentu, dua laga kandang itu sebenarnya harus dimaksimalkan Irak tapi sayangnya harus bermain di tempat netral.

Comments
Loading...