“New Normal” di Bundesliga 1, Tuan Rumah Susah Raih Kemenangan

Football5Star.com, Indonesia – Bundesliga 1 telah menjalani new normal selama hampir tiga pekan. Semua klub pada saat ini sama-sama telah menjalani tiga pertandingan sejak kompetisi kembali digulirkan setelah sempat vakum akibat pandemi Virus Corona.

Banyak hal baru yang mewarnai Bundesliga 1 dalam tatanan new normal. Deutscher Fussball Liga (DFL) telah merilis protokol setebal 50 halaman yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pertandingan. Tentu saja semuanya disesuaikan dengan protokol kesehatan terkait pandemi Virus Corona.

Bayer Leverkusen kalah di kandang setelah menuai dua kemenangan tandang.
Getty Images

Sebagai satu-satunya liga besar Eropa yang saat ini bergulir, Bundesliga 1 secara otomatis jadi pusat perhatian. Atraktivitas kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Jerman itu meroket luar biasa. Jika sebelumnya kerap menempelkan label membosankan, kini orang-orang seperti berlomba-lomba menjadi pengamat Bundesliga 1.

Setelah tiga pekan bergulir kembali, ada satu hal menarik yang muncul dari gelaran Bundesliga 1. Tuan rumah gagal menang jadi new normal. Dari 27 pertandingan, hanya lima yang dimenangi tuan rumah. Artinya, rasio kemenangan tuan rumah hanya 18,52%. Padahal, dalam 25 pekan sebelumnya, rasio kemenangan tuan rumah mencapai 43,3%.

Hal sebaliknya berlaku pada tim tamu. Dari 27 pertandingan, 12 laga atau 44,44% dimenangi tim tamu. Ini naik dari rasio 25 pekan sebelumnya yang hanya 34,8%.

New Normal Bundesliga 1
asep/football5star.com

Fenomena new normal ini jelas terlihat pada Bayer Leverkusen dan VfL Wolfsburg. Keduanya mampu memenangani dua laga tandang, tapi kalah di kandang.

Hal ini tak terlepas dari satu faktor, yakni ketiadaan penonton. Dalam tatanan new normal Liga Jerman, laga-laga memang dimainkan di stadion kosong. Ini membuat tim-tim yang bertandang terlepas dari tekanan publik tuan rumah. Secara otomatis, para pemain tim tamu jadi lebih berani.

Kondisi new normal yang diwarnai penurunan rasio kemenangan tuan rumah juga sebenarnya sudah diprediksi Lothar Matthaeus. Kolomnis Sky Sports itu sempat mengatakan, akan ada banyak kejutan saat Bundesliga 1 kembali bergulir setelah sempat vakum akibat pandemi Virus Corona.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More