Neymar Belum Selevel Messi dan Ronaldo

Nama Neymar Jr bersanding dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai kandidat peraih FIFA Ballon D’Or 2015. Gelaran tersebut akan dilangsungkan pada 11 Januari mendatang.

Kendati telah menjadi calon pemain terbaik dunia bersama Messi dan Ronaldo, Neymar dianggap belum selevel dengan dua bintang itu. Hal itu diungkapkan oleh mantan pemain asal Belanda, Edgar Davids.

Davids yang juga pernah memperkuat Barcelona menyebut Neymar sebagai sosok pemain yang sangat berbakat. Namun, striker asal Brasil itu masih harus membuktikan diri lebih jauh lagi, jika ingin disejajarkan dengan Messi dan Ronaldo. Saat ini, Messi dan Ronaldo masih selevel di atas Neymar.

“Neymar berasal dari Brasil. Datang ke negara yang berbeda, dia harus beradaptasi dengan sistem dan para pemain yang berbeda. Itu tak mudah. Anda telah melihat dia mulai menjaga bakatnya dan tetap fokus. Sekarang, dia berada di atas. Tapi tetap saja, dia belum selevel dua pemain itu,” kata Davids.

“Dia sangat berbakat. Namun, bakat saja tak cukup. Banyak pemain besar punya bakat. Yang sulit adalah memaksimalkan bakat itu, bekerja keras setiap hari, dan mengasah bakat itu setiap harinya,” lanjut dia.

Dalam tujuh gelaran FIFA Ballon D’Or terakhir, Messi dan Ronaldo mendominasi. Messi mengoleksi empat gelar, sedangkan Ronaldo mendapatkan tiga gelar. Bagi Neymar, ini adalah kali pertama dia menjadi tiga calon pemain terbaik dunia. Namun, rasanya sulit Neymar menggeser dominasi Messi-Ronaldo.