Neymar Makin Lihai Mendribel Pada Musim Ini

Ditinggal Lionel Messi selama beberapa waktu akibat cedera sempat membuat Barcelona dinilai akan limbung. Namun, kenyataan tidak seperti itu. Pemain lain seperti Neymar tetap dapat mengangkat performa Blaugrana terutama dengan kemampuan dribelnya yang menawan.

Neymar sering memeragakannya di Divisi Primera pada musim ini. Salah satu contohnya adalah gol keduanya dalam laga melawan Villarreal pada Sabtu (8/11). Neymar melakukan kontrol bola yang apik yang berguna untuk melewati pemain lawan.

Musim ini, kemampuan dribel Neymar semakin terlihat. Dia bertambah sering menaklukkan pemain lawan dengan gocekan bolanya. WhoScored mencatat Neymar rata-rata melakukan dribel sebanyak 4,3 kali per pertandingan.

Jumlah itu memang masih di bawah pencapaian Messi. Bintang Argentina itu membuat 6,5 dribel per laga di ajang yang sama. Namun, Messi baru bermain dalam enam pertandingan, sedangkan Neymar sudah melakukannya dalam sepuluh laga.

Pencapaian musim ini pun merupakan yang terbaik sepanjang karier Neymar di Barcelona. Musim lalu, dia hanya tercatat melakukan 3,2 dribel per partai di Divisi Primera. Musim 2013-14 malah lebih buruk. Rata-rata Neymar cuma mendribel sebanyak tiga kali per laga.

Jika dibandingkan dengan para pemain lain di Divisi Primera, Serie A, Bundesliga 1, Premier League, hingga Ligue 1, pesaing Neymar hanyalah Franco Vasquez (Palermo) dan Hatem Ben Arfa (Nice). Dua pemain itu sama-sama melakukan 4,2 dribel per pertandingan.

Tidak heran rekan setimnya, Luis Suarez pernah berkata tidak pernah berpikir untuk melewati pemain lawan. “Kami memiliki peran jelas. Saya tidak bisa mendribel empat pemain. Itu adalah tugas Neymar,” kata Suarez.

Comments are closed.