Neymar Resmi Puncaki Daftar Pemain Termahal Sedunia

Football5star.com, Indonesia – Kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) menjadikannya pesepak bola termahal dunia. Dengan nilai transfer 222 juta euro (Rp 3,5 triliun), Neymar memuncaki daftar para pesepak bola mahal sepanjang masa.

Seperti diketahui, pada Kamis (3/8/2017) malam, PSG resmi mengumumkan kedatangan penyerang Timnas Brasil itu. PSG harus merogoh kocek cukup dalam untuk melunasi klausul pelepasan Neymar. Klausul Neymar membengkak karena belum lama ini memperbarui kontrak bersama Barcelona.

Dengan kepindahan Neymar ke PSG, status Paul Pogba sebagai pesepak bola termahal sejagat raya hanya bertahan satu tahun. Pada musim panas tahun lalu, Pogba memecahkan rekor menyusul kepindahannya dari Juventus ke Manchester United senilai 105 juta euro (Rp 1,66 triliun).

Padahal, Pogba sendiri harus menunggu tiga tahun untuk bisa mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Gareth Bale. Pada musim 2013-14, Bale menyandang status itu saat ditransfer Real Madrid dari Tottenham Hotspur senilai 101 juta euro (Rp 1,59 triliun).

Manchester United dan Real Madrid memang menjadi tim yang paling getol membeli pemain dengan harga selangit. Transfermarkt menyebutkan, kedua tim masing-masing menyumbang tiga nama dalam daftar pesepak bola termahal sepanjang masa.

Selain Pogba, Manchester United juga memiliki Romelu Lukaku, yang dibeli dari Everton seharga 84,72 juta euro pada musim panas tahun ini. Sebelumnya pada musim 2014-15, Red Devils pernah membayar 75 juta euro untuk membawa Angel Di Maria dari Real Madrid.

Sementara dari kubu Real Madrid, ada pula Cristiano Ronaldo yang dibeli dari Manchester United pada musim 2009-10 seharga 94 juta euro. Di bawahnya ada James Rodriguez yang dibeli 75 juta euro dari AS Monaco pada 2014-15.

Kini, PSG menggebrak dengan menjadikan Neymar pesepak bola termahal berkat kucuran dana 222 juta euro. Angka itu cukup jauh dari rekor transfer PSG sebelumnya. Sebelum Neymar, Edinson Cavani menjadi pemain termahal PSG saat dibeli dari Napoli seharga 64,5 juta euro. Selain itu, ada pembelian Di Maria dari Manchester United senilai 63 juta euro.

Pertanyaan yang mungkin muncul saat ini: Sampai kapan rekor transfer Neymar akan bertahan? Melihat angka yang bisa dibilang sangat besar, agaknya butuh waktu lama untuk memecahkan rekor itu.

Saat ini, Transfermarkt mencatat nilai jual tertinggi seorang pemain masih dipegang megabintang Barcelona, Lionel Messi, dengan market value 120 juta euro. Namun, jika Messi memutuskan pindah dari Barcelona, bukan mustahil status Neymar sebagai pesepak bola termahal bisa menguap.

Bahkan, meski dibeli PSG seharga 222 juta euro, market value Neymar berdasarkan Transfermarkt masih berada di angk 100 juta euro. Nilai itu masih di bawah Messi dan sejajar dengan Ronaldo. Dengan kata lain, harga transfer bisa jauh lebih tinggi dari nilai jual seorang pemain.

Dalam daftar pemain dengan market value tertinggi, ada beberapa nama yang punya peluang memecahkan rekor Neymar. Setidaknya untuk satu sampai dua tahun ke depan. Mereka adalah Antoine Griezmann (Atletico Madrid, MV 80 juta euro), Eden Hazard (Chelsea, MV 75 juta euro), dan Paulo Dybala (Juventus, 65 juta euro). Kita tunggu saja.

Daftar Pemain Termahal Dunia:
Pemain termahal Dunia,
Daftar pemain termahal dunia (Transfermarkt)
Daftar Pemain dengan Market Value Tertinggi:
Market Value,
Daftar pemain dengan market value tertinggi dunia (Transfermarkt)
Comments
Loading...