Niko Kovac Dipecat, Kepala Akademi Bayern Munich Turun Gunung

Football5Star.com, Indonesia – Pemecatan Niko Kovac pada Senin (4/11/2019), berimbas pada posisi Kepala Akademi Bayern Munich, Hermann Gerland. Seiring putusan manajemen menugasi Hans-Dieter Flick alias Hansi Flick sebagai pelatih sementara, Gerland harus turun gunung. Dia diminta mendampingi sang pelatih sementara dalam kapasitas asisten pelatih.

Bagi Hermann Gerland, posisi asisten pelatih bukan hal baru. Sebelum menjadi Kepala Akademi Bayern Munich, dia berada di posisi itu dari 2009 hingga 2017. Pria kelahiran Bochum itu jadi tangan kanan Louis van Gaal, Jupp Heynckes, Pep Guardiola, dan Carlo Ancelotti.

Penunjukan pria berumur 65 tahun itu disambut baik Hansi Flick. Pasalnya, dia sudah tahu luar-dalam soal Die Roten. Dia pun dikenal punya kedekatan dengan para pemain Bayern Munich.

Hermann Gerland turun gunung menjadi asisten pelatih lagi di Bayern Munich guna membantu Hansi Flick.
reviersport.de

“Hermann sangat berpengalaman. Dia tahu tim ini, proses yang berjalan, juga tahu Bayern secara keseluruhan. Itu sebabnya, saya ingin bekerja dengan dia,” kata Hans-Dieter Flick seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Bayern Munich.

Keberadaan Hermann Gerland sangat penting bagi Hansi Flick. Pasalnya, CEO Karl-Heinz Rummenigge menargetkan kemenangan pada dua laga melawan Olympiakos dan Borussia Dortmund dalam empat hari ke depan. Tak seperti sang asisten yang sudah lama di Saebener Strasse, dia baru kembali ke sana pada awal musim ini.

Keyakinan Rummenigge dan Bierhoff

Menilik perjalanan kariernya, Hansi Flick tak punya catatan apik sebagai pelatih. Dia tercatat hanya pernah menangani dua klub, yakni FC Bammental dan TSG 1899 Hoffenheim. Di Bammental, dia bertugas pada 1996 hingga 2000. Sementara itu, di Hoffenheim, dia menangani tim dari 2000 hingga 2006.

Hansi Flick diyakini sebagai solusi terbaik bagi Bayern Munich saat ini.
spiegel.de

Selepas itu, dia jadi asisten pelatih timnas Jerman dari 2006 hingga 2014. Setelah membawa Die Mannschaft menjuarai Piala Dunia, dia dipromosikan sebagai Direktur Olahraga DFB. Namun, pada 2017, dia kembali ke Hoffenheim sebagai direktur olahraga. Hanya semusim lamanya dia berada di posisi tersebut.

Meskipun tak punya catatan mengilap sebagai pelatih, kemampuan pria berumur 54 tahun itu tak diragukan oleh Karl-Heinz Rummenigge. “Hansi Flick sangat kami percaya dan saya kira dialah orang yang tepat pada saat ini,” kata Rummenigge seperti dikutip Sport1.

Kemampuan Hansi Flick menangani Bayern Munich juga diakui Manajer Timnas Jerman yang juga Direktur DFB, Oliver Bierhoff. “Hansi adalah seorang pakar yang sangat kompeten. Dia punya banyak pengalaman. Selain paham soal penanganan pemain, dia juga punya ide yang jelas soal permainan. Dia punya kualitas dan kompetensi,” kata mantan striker AC Milan tersebut.

Comments
Loading...