Nostalgia Hari: Atasi PSM, Persija Kunci Gelar Kesepuluh

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 7 Oktober 19 tahun lalu menjadi salah satu hari bersejarah buat tim ibu kota, Persija Jakarta. Sebab, pada 2001 silam mereka berhasil mengunci gelar kesepuluh usai mengatasi PSM Makassar di puncak.

Kala itu, Persija lolos ke final usai menang 2-1 atas Persebaya Surabaya di semifinal dalam Ligina 2001. Sedangkan, PSM Makassar melaju setelah melangkahi PSMS Medan via drama adu penalti. Kedua tim bertemu dalam laga puncak yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 7 Oktober 2001.

Dalam laga yang disaksikan langsung Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri itu, Persija memang sudah ngegas sejak menit awal. Bahkan, Macan Kemayoran sudah unggul cepat via Imran Nahumarury yang memanfaatkan blunder Hendro Kartiko.

Bambang Pamungkas sebenarnya sukses menggandakan kedudukan menit ke-29. Tapi wasit saat itu menganulir gol karena salah satu pemain Persija, Gendut Doni sebelumnya sudah berada dalam posisi offside.

Dua menit jelang babak pertama berakhir, tim yang saat itu dibesut Sofyan Hadi itu sukses mencetak gol kedua. Dialah Bepe yang berhasil memperdaya Hendro Kartiko dengan tendangan voli kaki kirinya.

Bepe bahkan sukses menjauhkan keunggulan Macan Kemayoran menit ke-47. Umpan Gendut Doni dari sisi kanan dimanfaatkan dengan baik oleh pria yang kini menjabat sebagai manajer Persija itu.

PSM sempat bangkit dengan mencetak dua gol via Miro Baldo Bento dan Kurniawan Dwi Yulianto. Tapi sayang, mereka gagal mengejar ketertinggalan hingga Persija Jakarta sukses mengangkat gelar kesepuluhnya 2001 silam.

Klub Tersukses

Persija sejauh ini menjadi klub paling sukses di Indonesia sejak era perserikatan. Meski baru mengoleksi dua gelar semenjak era 2000-an, Macan Kemayoran sejauh ini berhasil mengoleksi 11 gelar di Indonesia.

Tim ibu kota sudah mengoleksi sembilan gelar pada era Perserikatan, yakni 1931, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1971-73, 1973-75, 1978-79. Lalu, dua gelar lagi diraih mereka era Ligina sampai Liga 1.

Tak cuma itu, Persija memang sudah sering melangkah ke parta final. Mereka total sudah tujuh kali duduk sebagai runner-up. Lima pada era perserikatan, sedang dua kali di era Liginia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More