Nostalgia Hari Ini: 14 Kartu Kuning dan 3 Kartu Merah saat Der Klassiker

Football5star.com, Indonesia – Dalam sejarahnya laga Borussia Dortmund melawan Bayern Munich yang paling bergengsi di Jerman. Tak heran jika pertemuan kedua tim diujuluki sebagai Der Klassiker.

Selain rivalitas kedua suporter, fakta yang mengatakan bahwa kedua klub kerap bersaing untuk menjadi juara di Jerman adalah faktor lain di balik panasnya laga Borrussia Dortmund dengan Bayern Munich ini.

Dari total 124 pertemuan kedua klub, ada satu pertandingan yang layak dikenang. Bagaimana tidak, pemenang laga ketika itu akan menentukan siapa yang menjadi juara Bundesliga musim 2000-2001. Apa yang terjadi di lapangan pun menggambarkan betapa sengitnya persaingan klub terbesar di Jerman.

stefan effenberg-dortmund vs bayern-onefootball deutsch
onefootball deutsch

Ya, hari ini tepat 19 tahun yang lalu, laga bertajuk Der Klassiker berlangsung keras. Bayangkan saja, wasit harus mengeluarkan 14 kartu kuning dan tiga kartu merah.

Bertanding di Signal Iduna Park, Die Roten yang berada di atas angin dengan memimpin puncak klasemen saat itu langsung menggetarkan jala Der Borussen saat laga berusia enam menit. Adalah Roque Santa Cruz yang membobol gawang Jens Lehmann.

Setelah gol terjadi, pertandingan berubah menjadi brutal. Tim tamu yang unggul lebih dulu ditengerai menjadi penyebab utamanya. Permainan keras menjurus kasar mereka pada babak pertama sudah membuahkan enam kartu kuning.

Lebih parah lagi, bek kiri andalan, Bixente Lizarazu, harus mandi lebih cepat karena mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-35. Unggul jumlah pemain membuat Dortmund bangkit di awal babak kedua.

Roque Santa Cruz Paling Bersih

Fredi Bobic sukses membuat Signal Iduna Park bergemuruh saat golnya pada menit ke-52 menyamakan kedudukan. Situasi ini membuat tim tamu tampil di luar kendali. Hanya tiga menit setelah skor imbang, mereka harus bermain dengan sembilan orang.

Kali ini kapten tim, Stefan Effenberg, yang menjadi masalah. Pelanggaran kerasnya membuat wasit langsung menghukumnya dengan kartu merah. Namun, unggul jumlah pemain gagal dimanfaarkan anak asuh Matthias Sammer.

dortmund vs bayern-welt
Welt

Bukannya membalikkan keadaan, mereka justru kehilangan pemain jelang akhir laga. Bek kanannya, Evanilson mendapat kartu merah. Pada akhirnya laga Der Klassiker ini berakhir imbang 1-1 untuk kedua tim.

Menariknya, hanya Roque Santa Cruz yang satu-satunya pemain Bayern yang tak mendapat kartu pada laga tersebut. Sedangkan pemain lainnya harus menerima kartu. Termasuk kiper mereka, Oliver Kahn, dan pemain pengganti, Willy Sagnol.

Adapun pemain Dortmund yang mendapat kartu kuning hanya dua orang, yakni Otto Addo serta Sunday Oliseh.

Pada akhir musim 2000-2001, Bayern Munich keluar sebagai juara Bundesliga. Sedangkan Borussia Dortmund yang sebelumnya berada di peringkat kedua justru turun ke peringkat ketiga.