Nostalgia Hari Ini: 7 Gol dalam 1 Laga Gunar Nordahl yang Melegenda

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola Swedia tidak bisa dipisahkan dari sosok Gunnar Nordahl. Hingga sekarang bisa dibilang dia adalah legenda terbesar negara Skandinavia itu.

Gunnar Nordahl memang melegenda bersama AC Milan. Dia merupakan top skorer sepanjang masa I Rossoneri dengan torehan 213 gol dari 262 pertandingan.

Akan tetapi, sebelum namanya besar bersama AC Milan, Nordahl sudah menjadi buah bibir di Swedia. Sejak mengawali karier bersama Hornefors IF ia dikenal sebagai pencetak gol ulung.

Gunnar Nordahl Dari Buruh Pabrik Bir Hingga Jadi Legenda AC Milan
90min

Torehan sang legenda kian mengilap tatkala memperkuat IFK Norrkoping 1944 silam. Empat tahun di sana ia sukses memenangkan empat gelar liga secara beruntun.

Dari sekian banyak penampilan bersama IFK Norrkoping, ada satu momen yang akan terus diingat Nordahl dan juga masyarakat Swedia. Momen tersebut terjadi saat melawan Landskrona Bols pada hari ini 76 tahun silam.

Pada laga tersebut, Norkopping berpesta gol dengan skor 9-1. Dan yang menjadi bintang utama ketika itu tidak lain dan tidak bukan Gunar Nordahl.

Bukan tiga atau lima gol yang dibuat sang legenda. Melainkan tujuh gol. Ya, tujuh gol dalam satu pertandingan. Ketujuh gol tersebut dia buat pada menit ke-10, 21, 24, 27, 41, 46, dan 79.

Semakin Hebat Bersama AC Milan

Torehan ini sekaligus menyamai rekor milik Arne Hjertsson yang dibuat Juni setahun sebelumnya. Hebatnya, tidak ada lagi pemain setelah Nordahl yang mencetak tujuh gol dalam satu laga di Liga Swedia hingga saat ini.

nationalsporten

Adapun dua gol Norrkoping lainnya dilesakkan Eric Holmqvist dan adik sang legenda, Knut Nordahl. Sementara gol hiburan Landskrona Bols dicetak Gunnar Anderberg pada masa injury time.

Setelah merajai Liga Swedia bersama Norrkopping, Gunnar Nordahl memutuskan pindah ke AC Milan 1949. Di kota mode, dia tidak kekurangan gelar, baik secara tim maupun individu. Legenda yang meninggal September 1995 silam memenangkan tiga scudetto dan lima kali menjadi top skorer Serie A.

Jika bersama Il Diavolo Rosso Gunnar Nordahl jadi top skorer sepanjang masa klub, di Serie A namanya berada di urutan ketiga sebagai pencetak gol terbanyak. Dia berada bawah Silvio Piola dan Francesco Totti.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More