Nostalgia Hari Ini: Akhir Era Sir Alex Ferguson di Manchester United

Football5star.com, Indonesia – Nama Sir Alex Ferguson akan terus melekat dalam benak fan Manchester United. Selama lebih dari dua dekade kepemimpinannya lah Setan Merah berada di puncak penampilan.

Pada awal kedatangannya sebagai pelatih Manchester United 1986 silam, Sir Alex Ferguson sudah mencanangkan target yang terbilang muluk. Ketika itu ia ingin melamapui torehan 18 gelar milik Liverpool.

Ungkapannya saat itu sempat dianggap bualan semata. Maklum saja, pada 1986 United baru juara Liga Inggris sebanyak tujuh kali.

manutd.com

Akan tetapi dalam perjalanannya, pria asal Glasgow, Skotlandia, benar-benar membuktikan apa yang dikatakan. 27 tahun menukangi Paul Scholes dkk, pelatih kharismatik ini sukses merengkuh 13 trofi Premier League. Artinya, United telah juara liga 20 kali dan tentu saja melampaui gelar Liverpool.

Kesuksesan Ferguson di Old Trafford tak Cuma dibuktikan di pentas domestik. Di kancah regional seperti Liga Champions, ia mampu membawa klub asal Manchester dua kali berada di puncak singgasana pada 1998-1999 dan 2007-2008.

Jika ditotal ada 37 trofi yang berhasil dipersembahkan Ferguson untuk United. Tapi pada akhirnya waktu pula yang memisahkan romantika mereka di belantika sepak bola.

10 Gol yang Melepas Kepergian Ferguson

Sir Alex Ferguson merasa pengabdiannya di Old Trafford sudah cukup pada 2013 lalu. Ia pun sudah mengumumkan bahwa musim 2012-2013 menjadi musim terakhirnya menukangi Setan Merah.

Penantian panjang yang mungkin tak pernah dibayangkan fan Manchester United akhirnya terjadi 19 Mei tujuh tahun silam. Pelatih yang akrab disapa Fergie melakoni laga terakhirnya sebagai pelatih pada pekan terakhir Premier League.

Stadion The Hawthorns jadi tempat pamungkas Ferguson bertugas. Menariknya, laga tersebut penuh sesak oleh pasang mata yang hanya ingin melihat Ferguson untuk terakhirnya sebagai pelatih United.

Daily Mail

Sadar dengan daya pikat yang dihadirkan Fergie, panitia pertandingan sampai menaikkan harga tiket lima kali lipat. Hebatnya, 27 ribu lembar tiket yang dijual setinggi langit itu tetap habis terjual.

Sementara di lapangan, Laga West Bromwich Albion vs Manchester United berjalan sangat menghibur. Bayangkan saja, 10 gol tercipta pada saat itu.

United sejatinya sudah unggul 5-0 terlebih dulu. Namun, tuan rumah berhasil mengejar ketinggalan dan memaksa laga berakhir imbang 5-5.

Walau hanya mampu meraup satu angka pada pekan terakhir, Manchester United tetap mampu mengunci gelar juara ke-20 karena unggul 11 angka dari Manchester City di tempat kedua. Dan tentu saja, gelar ini jadi kado perpisahan Sir Alex Ferguson yang takkan pernah dilupakan fan Setan Merah.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More