Nostalgia Hari Ini: Akhir Pahit Gerrard Bersama Liverpool

Football5star.com, Indonesia – Steven Gerrard punya karier yang gemilang bersama Liverpool. Sayangnya, pada laga terakhir bersama The Reds, ia harus menerima kenyataan pahit.

Pada 24 Mei 2015, Steven Gerrard menjalani pertandingan terakhirnya bersama Liverpool. Bukan kenangan manis yang didapat, tapi justru kekalahan telak dengan skor 1-6 dari Stoke City dalam laga pamungkas Liga Primer Inggris musim 2014/15 di Brittania Stadium.

Enam gol Stoke masing-masing dicetak Mame Biram Diouf (2), Jonathan Walters, Charlie Adam, Steven N’Zonzi, dan Peter Crouch. Gerrard, yang tampil sejak menit pertama, sempat memperkecil kedudukan, namun ia tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan dengan skor mencolok.

Itu adalah kekalahan paling telak yang dialami Gerrard bersama Liverpool. Ironisnya, tragedi tersebut terjadi pada laga pamungkas.

Pindah ke Galaxy

Getty Images

Sebelumnya, pada 7 Januari 2015, Gerrard sudah memastikan bakal hijrah ke klub Major League Soccer (MLS), Los Angeles (LA) Galaxy, dengan kontrak 18 bulan dan nilai transfer yang kabarnya mencapai 9 juta dollar AS.

Namun, sang gelandang baru bergabung dengan tim pada Juli, setelah berakhirnya musim kompetisi Liga Primer. Ia akhirnya menjalani debut pada 11 Juli di laga uji coba pramusim kontra Club America.

Tiga hari berselang, ia menjalani debut kompetitifnya, meski ditandai dengan kekalahan 0-1 di Real Salt Lake di perempat-final Piala Open.

Karier di Anfied

torres-gerrard-liverpool
Getty Images

Lahir di Merseyside pada 1980, Gerrard telah bersama Liverpool sejak bergabung dengan mereka sebagai pemain muda pada 1987. Ia menjadi profesional pada 1997 dan tampil pertama dalam kemenangan 2-0 atas Blackburn pada November 1998.

Dia menjadi starter reguler di musim 1999-2000, kemudian memenangkan trofi pertama di musim berikutnya saat The Reds menyabet Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA. Dia kemudian menjadi kapten tim pada Oktober 2003.

Selama 17 tahun (1998-2015) membela tim senior Liverpool, Gerrard tercatat mengoleksi sembilan gelar. Trofi Piala Liga Inggris jadi yang terbanyak, yang mana Gerrard mempersembahkan tiga gelar bagi publik Anfield.

Akan tetapi, dari sederet gelar bergengsi yang pernah disabet Gerrard, ada satu trofi yang gagal dimenangi eks kapten Tim Nasional (Timnas) Inggris itu. Gelar yang dimaksud adalah trofi Liga Inggris.

Selama membela Liverpool, Gerrard turun di 504 laga Liga Inggris dengan koleksi 121 gol dan 70 assist. Selama itu juga, prestasi terbaik Gerrard bersama Liverpool di Liga Inggris mengantarkan sang klub finis di posisi dua pada edisi 2001-2002, 2008-2009 dan 2013-2014.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian saya di Liverpool. Memenangi Premier League bisa menjadi sebuah anugerah. Namun, tidak ada yang bisa saya lakukan untuk meraihnya sekarang,” kata Gerrard di situs resmi klub.

“Itu akan menjadi penyesalan satu-satunya. Namun, saya sudah mencapai banyak hal di sini dan itu lebih dari apa yang saya bayangkan di awal karier,” ucap Gerrard.