Nostalgia Hari Ini: Aksi Socrates Pukau Suporter Indonesia di SUGBK

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 1983 silam, Indonesia kedatangan bintang kelas dunia, yakni Socrates, yang mentas dihadapan puluhan ribu penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pada 26 Januari 1983, salah satu tim Galatama, Tunas Inti, kala itu berkesempatan menjajal klub raksasa Brasil, Corinthians.

Partai itu dikabarkan oleh koran Kompas dihadiri sekitar 40 ribu suporter Indonesia. Indonesia memang jadi salah satu negara tujuan Corinthians yang menjalani tur Asia, setelah Jepang dan Hong Kong.

Jalannya pertandingan, para pemain Corinthians sebenarnya dapat perlawanan hebat dari para pemain Tunas Inti yang diperkuat Rully Nere dan rekan-rekan. Laga baru berjalan delapan menit, tim tamu unggul melalui Mauro.

Gol berawal dari tendangan penjuru yang disambar Mauro dengan kepalanya. Kiper Tunas Inti, Sudarno, gagal menghalau bola. Alih-alih membalas, Tunas Inti justru kembali dijebol oleh Corinthians. Dialah Socrates yang menunjukkan kelasnya di SUGBK.

Nostalgia Hari Ini: Aksi Socrates Pukau Suporter Indonesia di SUGBK
Majalah Olympic

Socrates berhasil memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan ke pojok kiri gawang Sudarno. Enam menit berselang, Casagrande yang sebenarnya dikawal oleh Thalib Rajab mampu melepaskan diri. Dia melesakkan gol ketiga buat Corinthians dengan tendangan voli.

Sudarno yang saat itu bermain di bawah performanya usai kejebolan tiga gol hanya dalam 26 menit digantikan oleh Bonar Tobing. Bonar ternyata main lebih baik dan sukses menjaga gawang Tunas Inti dari kebobolan.

Tunas Inti kemudian mencoba bangkit dengan mencetak gol melalui Rully Nere. Rully yang diadang Mauro mampu melepaskan tembakan manis yang gagal diadang oleh kiper Corinthians kala itu, Carlos.

Gol itu membawa angin segar buat Tunas Inti. Mereka bermain lebih agresif di paruh kedua. Apalagi, Ronny Patinasarani dan Rio Asnan juga membantu penyerangan.

Kesempatan Tunas Inti memperkecil jarak kemudian lahir menit ke-62 setelah Ronaldo da Silva menyentuh bola dengan tangannya. Riono Asnan yang maju sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya. Sayang, hingga peluit panjang skor 3-2 untuk Corinthians tak berubah.

Socrates Tampil Memukau

Dikutip dari Majalah Olympic, Socrates yang cuma mencetak satu gol tetap tampil memukau. Dia bebrapa kali menunjukkan aksinya, seperti menendang bola dengan tumit, hingga mengeksekusi tendangan bebas dari jarak jauh secara keras.

Nostalgia Hari Ini: Aksi Socrates Pukau Suporter Indonesia di SUGBK
Kompas

Kompas bahkan mencatat, Socrates melakukan operan sebanyak 28 kali, dan tujuh kali menggiring bola. Hal itu mengundang decak kagum dari para suporter Indonesia.

Sang bintang sendiri pindah ke tim Italia, Fiorentina, setahun setelah lawatannya ke Indonesia. Bersama Corinthians, dia total melesakkan 74 gol dalam 135 penampilan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More