Nostalgia Hari Ini: Alan Shearer Tolak MU dan Pecahkan Rekor Transfer Dunia

Football5star.com, Indonesia – Pada 30 Juli 1996, Newcastle United memecahkan rekor transfer dunia dengan mendatangkan Alan Shearer dari Blackburn Rovers.

Sir John Hall, pemilik Newcastle United saat itu, tengah membangun tim menjadi sebuah kekuatan besar. Maka selepas Piala Eropa 1996, dimulailah misi besar untuk memulangkan Alan Shearer ke tim miliknya.

Alan Shearer chroniclelive.co.uk
chroniclelive.co.uk

Shearer memang lahir di Newcastle. Tapi, dia justru memulai kariernya di pesisir pantai selatan Inggris yang hangat bersama Southampton.

Newcastle kala itu harus berebut dengan Manchester United untuk mendapatkan tanda tangan Shearer. Setelah perundingan sulit, Shearer menolak United secara personal kepada Sir Alex Ferguson, yang membuat manajer legendaris asal Skotlandia tersebut kesal bukan main.

Shearer kemudian memilih memperkuat Newcastle. Apalagi kala itu, The Magpies sedang ditangani oleh Kevin Keegan, yang mana merupakan pemain idola dari Shearer.

“Pada pagi hari, saya berbicara dengan Keegan. Pembicaraan itu berjalan normal dan sangat baik. Tidak lama berselang, kontingen Man United datang. Hal pertama yang ditanya pihak Man United adalah ‘Apakah kami menjadi yang pertama menemuimu hari ini?’ Saya jawab tidak,” ujar Shearer di BBC.

“Saya harus membuat keputusan. Pada satu momen saya berpikir untuk pindah ke Man United. Namun, kemudian saya mendapat telefon dari Keegan.”

“Sejak saat itu yang ada di pikiran saya adalah ‘Saya ingin kembali ke Newcastle untuk membela tim yang selalu saya dukung’,” ujar pria asal Inggris.

Rekor Dunia

Alan Shearer Getty Images (2)
Getty Images

The Magpies rela merogoh kocek sebesar 15 juta pound demi memboyong Alan Shearer dari Blackburn. Rekor pemain termahal dunia milik Shearer cuma bertahan setahun ketika Ronaldo hijrah dari Barcelona ke Inter Milan dengan biaya 19,5 juta pound.

Shearer, yang saat direkrut Newcastle berusia 25 tahun, membuktikan dirinya layak dibayar mahal. Kendati gagal memberi gelar, striker Inggris ini memperkuat Newcastle selama 10 tahun.

Selama di St. James Park, Shearer mengukir 206 gol dalam 405 penampilan. Sampai saat ini, Shearer tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Newcastle.

Alan Shearer Allsport
Allsport

Usia senja dan serangkaian cedera membuat Shearer tidak seganas di masa jayanya dulu.

Ia kemudian pensiun pada tahun 2006, lalu sempat kembali lagi sebagai manajer interim pada tahun 2009 ketika Chris Hughton lengser.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More