Nostalgia Hari Ini: Amy Fearn, Wasit Wanita Pertama di Laga Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Dalam sepak bola, wanita bukan hanya berstatus sebagai pemain atau pun pelatih. Sudah banyak bermunculan wasit wanita di kancah sepak bola dunia.

Selama ini kita mengenal sosok Bibiana Steinhaus yang mendobrak sejarah di Bundesliga. Atau wasit asal Prancis, Stephanie Frappart. Yang menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions.

Di Inggris ada Sian Massey yang kerap dipercaya menjadi hakim garis di Premier League dalam beberapa tahun terakhir. Tapi jika berbicara soal wasit wanita Inggris, Sian Massey bukan yang pertama.

bbc

Jauh sebelum kemunculan Massey, Liga Inggris sudah mengenal Amy Fearn sebagai pengadil lapangan. Berbeda dengan Massey yang hanya menjadi hakim garis, Fearn adalah wasit utama.

Amy Fearn pula yang membuat sejarah di sepak bola Inggris. Dialah wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Inggris.

Hari bersejarah itu terjadi pada hari ini 11 tahun silam. Uniknya, Fearn tidak langsung menjadi pengadil pada laga Coventry City vs Nottingham Forest di Divisi Championship.

Amy Fearn Juga Analis Keuangan Rolls Royce

Hari itu dia baru memimpin ketika laga menyisakan 20 menit lagi. Masuknya Fearn tak lepas dari cedera yang dialami wasit utama, Tony Bates. Ia tidak mampu melanjutkan pertandingan.

Fearn yang ketika itu menjabat sebagai offisial keempat langsung mengambil alih tugas Tony Bates. Wasit yang juga berprofesi sebagai analis keuangan Rolls Royce itu tidak canggung memimpin pertandingan debutnya.

3stylefemalesoccer

Sayang, sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan pria, ia mendapat ejekan dari suporter. Tapi Fearn tidak ambil pusing dengan ejekan tersebut. “Saya hanya tertawa dan menerimanya,” kataya seperti dilansir BBC.

Sementara itu, striker Coventry, Clinton Morriso, memuji kepemimpinan sang pengadil. “Tidak ada perbedaan pendapat ketika dia bertugas dan tidak ada bahasa yang buruk. Hanya ada satu hal yang penting tentang orang yang bertanggung jawab dan itu adalah seberapa baik mereka menjadi wasit,” ucapnya.

Terlepas dari sosok Amy Fearn, Liga Inggris sejatinya sudah melibatkan wanita sebagai ofisial pertandingan sejak 1991 silam. saat itu Wendy Toms dipercaya sebagai asisten wasit di divisi tiga dan divisi dua Inggris.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More