Nostalgia Hari Ini: Athletic Bilbao Pecundangi Barcelona 12-1

Football5star.com, Indonesia – Semua orang tahu bahwa Barcelona salah satu klub terbesar di dunia. Di Spanyol saja mereka secara bergantian menguasai kompetisi bersama Real Madrid.

Kendati demikian, tidak selamanya Barcelona berada di atas. Ada kalanya klub Katalonia terpuruk hingga menuai hasil paling memalukan dalam sejarahnya.

Uniknya, hasil tersebut tidak mereka alami kala bersua musuh bebuyutan, Real Madrid. Adalah Athletic Bilbao klub yang telah menancapkan luka cukup dalam bagi El Barca.

El Mundo

Kejadiannya memang sudah sangat lama, yakni 90 tahun silam. Barca yang ketika itu terlibat persaingan sengit dengan Athletic Bilbao hanya menjadi pecundang saat tandang ke Basque.

Bukan hanya kalah. Skor yang menghiasi juga terlewat memalukan. Bagaimana tidak, mereka yang saat itu berada di peringkat kedelapan LaLiga dibantai 12-1.

Ya, 12-1, skor yang sukar terulang pada masa sekarang. Hingga sekarang itu menjadi kekalahan terbesar yang dialami Barcelona.

Bata, Pemain Pertama yang Cetak 7 Gol

Di sisi lain, ada satu pemain yang terus dielu-elukan sepanjang laga. Dia adalah Agustin Sauto Arana, atau yang lebih dikenal dengan nama Bata.

Bata, yang baru berusia 22 tahun jadi protagonis Athletic Bilbao dengan memborong tujuh gol. Pesta sudah dimulai sejak 10 menit pertama kala Bata langsung memborong dua gol dalam waktu delapan menit.

Barcelona sejatinya sempat memperkecil ketinggalan lewat Severiano Goiburu. Tapi setelah itu mereka tak kuasa lagi menahan amukan tuan rumah.

marca

Guillermo Gorostiza, Lafuente, Juan Garizurieta, Jose Sastre, hingga Jose Iraragorri melengkapi lima gol lainnya yang dicetak Bata untuk menggenapi kemenangan 12-1 Bilbao.

Jika bagi klub Katalonia ini jadi kekalahan terbesar sepanjang sejarah, hal sebaliknya dirasakan klub asal Basque. Menang 12-1 merupakan kemenangan terbesar mereka sejak berdiri.

Rekor tidak hanya dimiliki kedua klub, tapi juga Bata yang menuliskan namanya dalam buku rekor LaLiga. Dia jadi pemain pertama yang mampu membubukan tujuh gol dalam satu pertandingan. Hingga saat ini baru Laszlo Kubala yang mampu menyamai torehan tersebut.

Menang 12-1 bukan jadi satu-satunya capaian hebat Athletic Bilbao musim 1930-1931. Mereka menyempurnakan musim dengan raihan gelar LaLiga. Sedangkan Barcelona harus puas berada di posisi keempat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More