Nostalgia Hari Ini: Awal Cerita Manis Nemanja Vidic di Manchester United

Football5Star.com, Indonesia – 25 Januari 2006, mungkin menjadi hari yang tak akan dilupakan oleh legenda Manchester United, Nemanja Vidic. Sebab pada hari itu, semua cerita manis bersama United dimulai.

Vidic memulai karier profesionalnya pada 2000 bersama Red Star Belgrade. Dia kemudian dipinjamkan ke klub divisi dua Serbia, Spartak Subotica pada musim perdananya. Vidic lantas kembali ke Beograd semusim berselang dan langsung mengunci tempat utama.

Pada musim itu, sosok yang kini berusia 39 tahun itu langsung jadi andalan. Dia bahkan jadi sosok penting saat Red Star Belgrade hanya kejebolan 28 gol sepanjang musim. Dua musim beruntun, Vidic membuat Red Star jadi tim paling sukar dijebol di Serbia, dengan cuma kebobolan 26 dan 13. Kedua musim itu membuat Red Star jadi tim terbaik dalam hal pertahanan plus menghadirkan double winners 2004.

Penampilan apik itu membuat Vidic menarik perhatian Manchester United. Tetapi dia ternyata pindah ke Spartak Moscow selama dua musim. Kabarnya, dia datang sebagai bek termahal dalam sejarah liga Rusia, meski detail kontraknya tidak dipublikasikan.

Nemanja Vidic akhirnya menandatangani kontrak dengan United pada Januari 2006 dengan biaya mendekati £ 7 juta. Lalu tepat pada 26 Januari, saat Manchester United memimpin 2-1 atas Blackburn pada leg kedua semifinal Piala Carling, Vidic diberi debut dengan masuk menit ke-86 sebagai pengganti striker Ruud van Nistelrooy.

Cerita Manis Dimulai

Sejak saat itu, cerita manis sosok setinggi 190 centimeter tersebut dimulai bersama Manchester United. Dia lantas membuat duet benteng kuat bersama Rio Ferdinand di Manchester United pada musim berikutnya.

Kedua pemain ini dijuluki duet maut terbaik di lini belakang pada masa jayanya. Selain piawai membaca bola, Vidic dan Ferdinand dianggap sama-sama kuat dalam duel udara atau area. Dia akhirnya terpilih sebagai kapten tim baru United pada awal musim 2010-11. Masa jabatan kaptennya itu berlangsung selama empat musim, hingga kepergiannya pada Juli 2014.

Bila ditotal, Vidic membuat hampir 150 penampilan untuk United, memenangkan lima gelar Premier League, tiga Piala Liga, dan Liga Champions. Tak cua itu, Vidic juga mempersembahkan lima gelar Community Shield, dan tentunya, satu Piala Dunia Antarklub. Sebuah capaian istimewa buat pemain yang datang hanya dengan mahar 7 juta pounds.

Manchester UnitedNemanja VidicNostalgia Hari IniRio Ferdinand