Nostalgia Hari Ini: Ballon d’Or Pertama Cristiano Ronaldo

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 2 Desember, 12 tahun yang lalu, Cristiano Ronaldo mendapatkan Ballon d’Or pertamanya dari lima yang dia dapatkan sampai saat ini. Ballon d’Or 2008 juga bisa dibilang Ballon d’Or pertama yang memulai rivalitas Cristiano Ronaldo-Lionel Messi.

Selama tahun 2008, Ronaldo meraih kesuksesan baik secara invidu maupun tim. Dia berhasil meraih juara Premier League dan juga Liga Champions bersama Manchester United. Ronaldo juga berhasil mencetak 31 gol dari 34 laga di Premier League. Dan itu bukan hanya membuat dia menjadi top skorer Premier League, tapi juga membuat dia mendapatkan Sepatu Emas Eropa. Total Ronaldo mencetak 42 gol di semua kompetisi.

Walaupun performanya bersama Portugal di Euro 2008 tidak begitu baik, CR7 tetap berhasil meraih poin tertinggi dari juri yang berisikan para jurnalis olahraga di seluruh dunia.

Nostalgia Hari Ini Ballon d'Or Pertama Cristiano Ronaldo
Soccer Laduma

Mulainya Rivalitas Ronaldo-Messi

Ronaldo yang saat itu masih berusia 23 tahun, berhasil meraih 446 poin. Dia mengalahkan Lionel Messi di bawahnya yang mendapatkan 281 poin. Fernando Torres berada di peringkat ketiga dengan 179 poin.

Ronaldo menjadi pemain pertama Manchester United yang mendapatkan Ballon d’Or sejak George Best pada 1968. Dia juga menjadi pemain Portugal ketiga yang mendapatkan penghargaan itu setelah Eusebio dan Luis Figo. Ronaldo juga menjadi pemain Premier League pertama yang mendapatkan penghargaan itu sejak Michael Owen pada 2001.

Ballon d’Or ini juga menjadi penanda awal persaingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Setelah ini, kedua “alien” itu terus mendominasi penghargaan invidu sepak bola paling prestisius sampai 2017. Luka Modric yang akhirnya memberhentikan rentetan kemenangan itu sebelum akhirnya kembali ke Lionel Messi pada tahun lalu.

10 Besar Peringkat Ballon d’Or 2008

  1. Cristiano Ronaldo (446 poin)
  2. Lionel Messi (281 poin)
  3. Fernando Torres (179 poin)
  4. Iker Casillas (133 poin)
  5. Xavi (97 poin)
  6. Andrey Arshavin (64 poin)
  7. David Villa (55 poin)
  8. Zlatan Ibrahimovic (30 poin)
  9. Kaka (29 poin)
  10. Steven Gerrard (28 poin)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More