Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Wakili Indonesia di London

Football5Star.com, Indonesia – Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, pernah ditunjuk untuk mewakili Indonesia di London pada 24 Juni 2012 lalu. Saat itu, dia ditunjuk sebagai salah satu pembawa obor Olimpiade 2012 di London tersebut.

Saat itu Bambang berama tiga sosok lainnya, seperti Sandiaga S Uno, Wanda Hamidah dan Ika Trifisusanti ditunjuk untuk membawa obor Olimpiade. Keempatnya membawa obor Olimpiade London di Kota Manchester.

Pria yang kini menjabat Manajer Persija Jakarta itu secara bergantian membawa obor dengan berlari ringan berjarak 200-300 meter. Kala itu, sebanyak 8000 orang terlibat dalam pawai obor yang mengelilingi Inggris selama 70 hari dari 19 Mei hingga 27 Juli. Bambang sendiri berlari melewati kota Salford, kemudian Stadion Old Trafford hingga sampai ke Leeds.

Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Wakili Indonesia di London
Twitter

Sehari sebelumnya, legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton jua ikut ambil bagian. Termasuk jua David Beckham yang jua dalam acara seremonial tersebut.

Bambang mengaku sangat kaget saat itu ditunjuk menjadi wakil Indonesia membawa api. Bahkan, dia sempat berpikir kalau panitia yang menunjuknya itu sempat salah.

“Semula, saya tidak percaya begitu saja. Tapi, ternyata benar dan bukan bohongan. Karena itu, saya sangat senang sebab kesempatan ini tidak akan pernah terlupakan,” ungkap Bambang Pamungkas 2012 lalu.

Lengkapi Catatan Pribadi

Pembawa obor Olimpiade 2012 menjadi salah satu catatan apik yang ditorehkan Bepe, sapaan karib Bambang Pamungkas. Pada 2017 lalu, dia bahkan dinobatkan oleh AFC sebagai salah satu ikon sepak bola di Asia.

Bepe disandingkan dengan Hidetoshi Nakata, Shinji Kagawa, Fan Zhiyi, hingga Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj. AFC bahkan memberikan judul, “True legend for both club and country, and a true Asian icon.”

Bambang Pamungkas the-afc.com

Saat ini, suami dari Tribuana Tungga Dewi itu jua masih menjadi pemain dengan caps terbanyak di Timnas Indonesia. Dia tercatat sudah membukukan 86 kali sejak melakukan debutnya 1999 silam.

Catatan itu tampak sangat sulit dipecahkan oleh pemain Indonesia lainnya dalam waktu dekat. Beberapa nama yang mendekati jumlah caps Bepe sudah pensiun, seperti Firman Utina (66), Ponaryo Astaman (61), hingga Hendro Kartiko (60). Pemain aktif yang mungkin bisa mengejarnya mungkin Ismed Sofyan (53 caps). Itupun usia Ismed sudah genap 40 tahun dan rasanya sudah tak mungkin membela Timnas Indonesia lagi.

Selain itu, Bambang Pamungkas jua masih menjadi top skorer kdua sepanjang masa Timnas Indonesia di bawah Soetjipto Soentoro. Bepe tercatat sudah mengemas 36 gol sejak melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia pada 2 Juli 1999 dalam uji coba melawan Lituania. Bepe yang berusia 18 tahun saat itu, berhasil menciptakan gol dalam pertandingan yang berakhir seri 2-2 tersebut.